oleh

Siswa SD se Tangsel Pecahkan Rekor Cuci Tangan

Kabar6-Sekitar 15.000 siswa Sekolah Dasar (SD) dari 300 sekolah di Tangerang Selatan (Tangsel) berkumpul dan membaur di lapangan Sunburst BSD City, Kecamatan Serpong, Sabtu (28/9/2013).

Ya, belasan ribu siswa SD ini berkumpul guna menorehkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori cuci tangan dengan sabun sesuai standar WHO terbanyak. 

Pencatatan rekor kali ini merupakan pemecahan dari rekor sebelumnya, yaitu cuci tangan dengan sabun standar WHO yang diikuti oleh 12.419 peserta di Tebing Tinggi, Sumatera Barat, pada Bulan Juni 2013.

Untuk aksi di lapangan Sunburst BSD City kali ini, proses cuci tangan dilakukan dalam 12 langkah agar hasil maksimal dan bisa benar-benar membunuh kuman.

Dimulai dari siswa-siswi SD berabris panjang dihadapan keran air dan juga sabun cuci tangan serta handuk yang sudah tersedia.

Kemudian para siswa mulai membasuh lengan, mengambil sabun, menggosok telapak tangan, punggung tangan kiri dan kanan, sela-sela jari, buku-buku jari, memutar sabun dengan jempol kanan kiri, membersihkan ujung kuku, dibilas dengan air dan dilap dengan handuk bersih.

Duta Cuci Tangan, dokter Agus Herianto mengatakan, jika cuci tangan dilakukan secara tepat, maka akan efektif mencegah penyakit akibat kuman, seperti diare hingga radang tenggorokan.

“Cuci tangan bisa mencegah penyakit. Kami berharap, lewat pemecahan rekor cuci tangan ini, bisa membudayakan cuci tangan dikalangan pelajar SD,” kata dokter Agus Herianto. 

Pantauan kabar6.com, hingga menjelang sore, lapangan Sunburst BSD, Kecamatan Serpong, masih dipenuhi oleh siswa-siswi SD.(Turnya)

Berita Terbaru