oleh

Sinkronisasi Lambat, Data Penyebaran Covid-19 Kabupaten Tangerang Salah

Kabar6 – Sinkronisasi data kasus Covid-19 yang lambat antara pihak Provinsi dan Kementerian Kesehatan, menyebabkan angka kasus Covid-19 disejumlah daerah mengalami peningkatan yang mana, langsung masuk dalam zona penyebaran resiko sedang (orange) ataupun tinggi (merah).

Seperti yang terjadi di Kabupaten Tangerang, yang mana pada Minggu, 18 April 2021, diketahui wilayah itu masuk dalam zona penyebaran resiko sedang (orange). Padahal sebelumnya, wilayah itu masuk dalam zona penyebaran resiko rendah (kuning).

Adanya hal itu, Juru Bicara Satuan Tuga Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi menegaskan, bila terjadi kesalahan penarikan data.

Dimana, data tersebut merupakan data beberapa pekan lalu saat Kabupaten Tangerang masih menjadi zona orange. Alhasil, hal itu yang menyebabkan data penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tangerang terhitung seperti kasus meningkat.

“Sebenarnya itu adalah data-data lama yang mungkin baru di sinkron-kan oleh provinsi kepada Kementerian Kesehatan, makanya tercatat atau terdata di aplikasi Kementerian Kesehatan sebagai zona orange,” katanya, Selasa, (20/4/2021).

Dijelaskannya, saat ini status penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tangerang semakin lama kasusnya semakin menurun, kasus yang dirawat dan juga angka kematian menurun, sedangkan untuk tingkat kesembuhan relatif meningkat.

“Kasusnya sekarang terus turun, dan tidak ada peningkatan yang signifikan. Bahkan, dari yang sebelumnya per hari bisa 60 kasus, sekarang hanya sekitar 20 kasus,” ujarnya.

Untuk menekan laju peningkatan kasus pun, pihaknya juga terus melakukan vaksinasi secara bertahap, yang mana saat Ramadhan ini, tetap berjalan dengan proses vaksinasi di 44 Puskesmas serta 24 rumah sakit.

“Saat ini kita masih terus berjalan vaksinasi, walaupun memang vaksinasi secara bertahap dari provinsi sudah kita habiskan tahap satu, tetapi masih berjalan tahap dua sampai nanti setelah lebaran masih ada jadwal vaksinasi untuk tahap kedua,” ungkapnya.

**Baca juga: DLHK Kabupaten Tangerang Tebang Pohon Membahayakan di Tigaraksa

Untuk kasus terkonfimasi Covid-19 di Kabupaten Tangerang saat ini sebanyak 9.971, angka kesembuhan sebanyak 9.581 kasus dan meninggal dunia sebanyak 217 kasus.(Vee)

Berita Terbaru