oleh

Singapura ‘Diawasi’ Sekira 90 Ribu CCTV yang Tersebar di Seluruh Negeri

Kabar6-Sebanyak sekira 90 ribu CCTV disebar di blok perumahan umum, tempat parkir bertingkat, pusat lingkungan, dan pusat kota Singapura. Menurut polisi Singapura, keberadaan CCTV telah ‘terbukti menjadi sumber petunjuk investigasi yang tak ternilai’.

Diketahui, keberadaan 90 ribu CCTV ini telah membantu menyelesaikan 5.000 kasus sejak 2012. Pemerintah Singapura, melansir Yahoo, menargetkan menyebar 200 ribu CCTV pada 2030 mendatang. Kehadiran CCTV diakui telah sangat membantu polisi Singapura dalam membongkar suatu kasus kejahatan.

“Di masa lalu, selama penyelidikan, kami tidak memiliki apa pun selain korban dan saksi untuk diandalkan. Jadi, saat itu cukup sulit bagi kami. Kini, kami memiliki rekaman CCTV untuk menentukan orang tersebut, untuk mengidentifikasi orang tersebut dan juga mengkonfirmasi bahwa dia ada di sana,” terang Inspektur Zaidi.

Menurut Inspektur Zaidi yang telah menjadi petugas investigasi selama lebih dari satu dekade, sikap dan tindakan seseorang yang terekam CCTV dapat membantu polisi dalam penyelidikan.

Inspektur Tan Wan Ting, personel polisi Singapura lainnya, menambahkan bahwa jumlah CCTV yang bertambah telah sangat membantu. “Dibandingkan 6 tahun lalu, kami hanya memiliki lokasi tertentu yang kami fokuskan. Saat ini, CCTV benar-benar meringankan beban kerja kami, karena kami dapat memiliki cakupan yang lebih baik untuk melihat ke mana tersangka pergi setelah pelanggaran,” ungkapnya.

Disebutkan, dengan peningkatan teknologi, gambar menjadi lebih jelas, dan itu telah membantu mengidentifikasi tersangka. Menurut para polisi, teknologi analitik video, yang memungkinkan petugas menyisir rekaman dengan lebih mudah, juga ‘terus disempurnakan’.

Namun para inspektur menekankan, sementara kamera dapat membantu memecahkan kasus, mereka hanyalah ‘salah satu dari banyak’ alat investigasi yang digunakan. ** Baca juga: Remaja 15 Tahun di Mesir Gantung Diri Karena Dilarang Main TikTok

“Ini masih bermuara pada pengumpulan bukti, bermuara pada keterampilan wawancara yang baik dengan tersangka, saksi, dan bahkan korban. Sehingga kami dapat mengumpulkan laporan insiden yang koheren untuk menentukan motivasi melakukan kejahatan,” jelas Inspektur Tan.

Ya, kenyamanan dan keamanan warga memang menjadi hal yang penting diperhatikan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru