oleh

Simsalabim, Pizza Lezat Keluar dari ATM

ATM Pizza.(bbs)
ATM Pizza.(bbs)

Kabar6-ATM (Tunai Mandiri atau Automated Teller Machine) adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia.

Namun ATM yang satu ini bukanlah mesin untuk mengambil uang. Ya, sebuah ATM baru di universitas Amerika ini justru menyediakan pizza hangat.

Xavier University (XU) di Cincinnati, Amerika Serikat bekerjasama dengan Paline dari Prancis, dikutip dari Detik Food, membawa Pizza ATM pertama ke Amerika Utara. Pizza ATM dipasang di lobi Fenwick Place, tepat di luar Hoff Dining Hall XU.

Rencananya, Pizza ATM akan diisi dengan 70 pizza dalam satu waktu. Sebelumnya pizza dibuat dulu oleh staf dining hall baru kemudian dimasukkan ke dalam mesin. Disebutkan, para chef yang membuat pizza telah menjalani 40 jam pelatihan dari seorang chef Prancis.

Cara kerja Pizza ATM adalah chef menyiapkan adonan pizza vegan dan membiarkannya mengembang selama dua hari. Lalu adonan diuleni dan diratakan sampai berbentuk lingkaran berdiameter 30 cm, selanjutnya dipanggang sebagian.

Saus tomat vegan dibuat sendiri. Semua topping juga disiapkan di dining hall. Chef memasak permukaan pizza dengan delapan varian topping. Kemudian memasukannya dalam bagian pendinginan di ATM.

Cara praktis beli pizza.(bbs)
Cara praktis beli pizza.(bbs)

Nantinya konsumen akan disambut dengan layar sentuh besar. Mereka memilih pizza dan membayarnya dengan kartu debit mahasiswa atau kartu kredit yang dapat digesekkan pada ATM.

Mesin akan memindahkan pizza ke sebuah cakram mirip juke-box, lalu ke dalam oven konveksi yang bisa mematangkannya dengan panas sampai 250 derajat Celcius. Ketika sudah matang, pizza ditempatkan dalam sebuah kotak kardus yang bisa keluar melalui sebuah celah.

Total waktu proses dari pemesanan sampai pizza matang memakan waktu tiga menit, dengan harga Rp131.000.

Mesin Pizza ATM akan dipantau secara real time dan menawarkan diskon jika masih berlebihan stok di malam hari. Kuis di Yik Yak dan Twitter akan digunakan untuk mendapat umpan balik mengenai kinerja mesin.

Pizza ATM dibuka sejak 10 Agustus lalu, sementara grand opening baru dilakukan pada September. Xavier University berharap bisa menjual 300 pizza per hari dari ATM. ** Baca juga: Penggemar Olahraga, Berani Ikut Lomba Lari Paling Ekstrem di Dunia?

Wah, layanan yang praktis dan menyenangkan terutama untuk penggemar pizza.(ilj/bbs)

Berita Terbaru