oleh

Silakan Menangis, Karena Baik untuk Kesehatan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ketika sedih maupun bahagia, Anda sering mengeluarkan airmata atau menangis. Kebanyakan orang menganggap bahwa menangis tandanya cengeng. Padahal, di balik tetesan air mata yang mengalir, ada manfaat yang bisa didapatkan.

Diketahui, tubuh manusia akan menghasilkan tiga macam air mata. Pertama adalah air mata refleks yang terjadi ketika mata kemasukan sesuatu. Air mata ini berfungsi untuk membersihkan mata dari partikel-partikel yang berbahaya seperti asap atau debu.
   
Kemudian air mata terus-menerus (kontinu)/basal. Air mata ini akan terus diproduksi oleh mata secara teratur untuk melubrikasi mata. Air mata tipe ini memiliki kandungan lysozymeyang berfungsi sebagai anti bakteri yang melindungi mata dari infeksi. Tidak hanya itu, air mata ini juga akan melewati hidung melalui saluran khusus demi menjaga agar daerah tersebut tetap lembap dan bebas bakteri.
   
Terakhir adalah air mata emosional, mengandung hormon-hormon yang diproduksi oleh tubuh ketika stres. Jadi, apa saja manfaat menangis bagi kesehatan? Dikutip dari Alodokter, berikut uraiannya:

1. Melepaskan stres
Pada air mata emosional, hormon stres akan turut dikeluarkan saat sedang menangis. Racun lainnya yang menumpuk saat mengalami stres juga turut dikeluarkan. Tidak hanya itu, studi lain menunjukkan bahwa menangis dapat merangsang hormon endorfin yang merupakan pembunuh rasa sakit alami yang dapat membuat Anda merasa lebih baik

2. Tingkatkan mood
Manfaat menangis dapat menurunkan kadar mangan dalam tubuh seseorang. Pada dasarnya, mangan yang berlebih dalam tubuh akan memengaruhi suasana hati, seperti perasaan cemas, gelisah, dan gangguan-gangguan emosi lain. Terutama untuk air mata yang dipicu oleh emosi, di dalamnya terkandung protein albumin lebih tinggi yang bermanfaat untuk membawa molekul-molekul kecil.

3. Melegakan perasaan
Banyak orang yang mengakui merasa lebih baik setelah menangis. Apalagi bagi mereka yang sedang frustrasi, berkabung, dan mengalami hari yang buruk.

4. Membantu melalui situasi yang sulit
Manfaat psikologis dari menangis adalah meningkatkan suasana hati dan membantu Anda menghadapi situasi yang menyulitkan atau menyakitkan. ** Baca juga: Mengapa Seseorang Mengigau Saat Tidur?

Meskipun demikian, jika Anda terlalu sering menangis bisa jadi ini pertanda bahwa Anda sedang mengalami depresi, tertekan, atau gangguan suasana hati. Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter atau psikolog mengenai kondisi tersebut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru