oleh

Si Imut Ini Ternyata Kanibal Buas

Kabar6-Kanibalisme merupakan sebuah fenomena di mana satu makhluk hidup makan makhluk sejenis lainnya. Misalkan anjing yang memakan anjing atau manusia yang memakan manusia.

 

Biasanya sosok hewan kanibal yang tersirat dalam benak kita adalah memiliki wajah menakutkan dan liar, alias tidak suka didekati oleh manusia.

 

Namun tahukan Anda jika beberapa hewan yang selama ini dianggap jinak dan lucu, ternyata merupakan kanibal yang rela memangsa jenisnya sendiri? Hewan apa sajakah itu?

 

1. Monyet Bonobo  (Pan paniscus)

Secara mengejutkan, Bonobo merupakan sekelompok hewan kanibal yang terorganisir. Suatu saat, seekor Bonobo muda yang meninggal, dimakan oleh induk dan saudaranya, lantaran persediaan makanan mereka habis.

 

2. Ayam Bangkok

Ayam termasuk hewan kanibal, terutama ayam yang berada di peternakan unggas. Mereka seringkali memakan ayam lain, karena kandang yang ditempati sudah terlalu penuh.

 

Ketika ayam saling mematuk makanan di dalam kandang, secara tidak sengaja terkena tubuh ayam lain. Lalu ayam yang terluka itu diserang oleh patukan ayam lainnya, dan kemudian dicabik-cabik serta dimakan secara membabi buta.

 

3. Beruang Kutub

Kanibalisme menjadi hal wajar, terutama bagi beruang kutub jantan yang mencari beruang lebih muda, lalu mencabik matanya dan memakannya begitu saja.

 

4. Kelinci

Kelinci ternyata tega memakan bayinya sendiri. Alasannya, selain memang memiliki sifat kanibal, sang induk takut gagal memberi ASI. Induk kelinci sering memakan apa saja yang keluar bersamaan saat dia melahirkan, termasuk bayinya yang masih berusia beberapa detik.

 

5. Siput

Siput adalah hewan yang agresif dan bersifat kanibal. Salah satu jenis yang kanibal adalah siput serigala yang melacak siput lainnya melalui jalur lendir. Mereka lalu mengikuti jejak tersebut, dan memburu sampai akhirnya dimakan. ** Baca juga: Intip Mainan Termahal di Dunia

 

Hmm…ternyata wajah bisa menipu dan tidak bisa dijadikan patokan ya. (ilj/bbs)

Berita Terbaru