oleh

Setelah Dikeluarkan, Bayi di Inggris Ini Dimasukkan Kembali ke Rahim Sang Ibu

Kabar6-Sebuah peristiwa tak biasa dialami oleh seorang wanita bernama Bethan Simpson (26). Oleh tim dokter, bayi yang telah dikeluarkan, dimasukkan kembali ke rahimnya. Rupanya, hal ini dilakukan tim dokter karena hendak mengoperasi dan menyembuhkan bayi Bethan yang mengalami cacat lahir.

Bagaimana kisahnya? Melansir dailygazette, Bethan yang berasal dari kota Chelmsford, Inggris, sebelah timur laut London, ini mengatakan bahwa operasi tersebut bermula dari hasil pemeriksaan kandungan pada minggu ke-20 kehamilannya, yang menunjukkan bahwa ukuran kepala janinnya tampak abnormal. Tim dokter di Rumah Sakit Broomfield mendiagnosis bayi itu bakal mengalami kondisi cacat lahir yang disebut spina bifida.

Cacat lahir tersebut akan menyebabkan tulang punggung bayi tidak terbentuk dengan wajar. Tergantung pada seberapa parah kasusnya, kondisi spina bifida ini nantinya bisa membahayakan saraf dan sumsum tulang belakang bayi. Selain itu, kondisi ini juga berpotensi menyebabkan masalah mobilitas atau pergerakan anak itu ketika lahir dan tumbuh besar.

Tim dokter kemudian memberi Bethan dan suaminya, Kieron, tiga pilihan yaitu menggendong bayi itu sebagaimana adanya, mengakhiri kehamilannya, atau mencoba operasi janin.

Pasangan itu memilih untuk opsi ketiga. Namun ditambahkan Bethan yang juga seorang perawat, untuk menjalani opsi tersebut mereka harus ‘memenuhi beberapa kriteria yang sangat ketat’ demi memastikan ibu dan bayinya aman. Di masa lalu, para dokter baru bisa mencoba memperbaiki tulang belakang bayi setelah bayi itu lahir. Tetapi berkat kemajuan di dunia medis, memungkinkan dokter untuk mengoperasi bayi sebelum akhir kehamilan jika kondisinya memenuhi syarat.

Selama melakukan operasi yang melelahkan, para ahli bedah di Great Ormond Street Hospital di London dan para ahli dari Belgia mengeluarkan janin Bethan dari rahimnya. Setelah mereka memperbaiki sumsum tulang belakang si bayi, janin itu kemudian dimasukkan kembali ke dalam rahim Bethan. ** Baca juga: Wanita Ini Harus Minum Air Hingga 6 Liter Tiap Hari Karena Punya Keringat Berlebih

Simpson menggambarkan proses operasi yang ia jalani itu sebagai ‘rollercoaster’ dalam kehidupan dirinya dan sang suami. Setelah sukses menjalani operasi tersebut, kini Bethan sedang menanti untuk bisa melahirkan bayinya yang diprediksikan pada April mendatang, dalam kondisi tubuh normal.

Semoga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru