oleh

Setelah 95 Tahun, Bangkai Kapal Uap yang Hilang Misterius Ditemukan Dekat Segitiga Bermuda

Kabar6-Nyaris seabad setelah menghilang di dekat Segitiga Bermuda, bangkai kapal uap SS Cotopaxi ditemukan di lepas pantai St. Augustine, Florida, Amerika Serikat (AS.

“Itu sangat menarik,” kata Michael Barnette, penyelam, penulis dan peneliti yang membantu menemukan bangkai kapal itu melalui email. “Saya sudah melakukan penyelaman kapal karam yang tak terhitung jumlahnya tapi yang ini benar-benar menarik.”

Barnette, melansir Huffpost, adalah penyelam utama ‘Shipwreck Secrets’ seri Science Channel yang akan menampilkan penemuan kapal uap SS Cotopaxi dalam episode perdananya. Kapal uap SS Cotopaxi diketahui berangkat dari Charleston, South Carolina, AS dan menuju Havana, Kuba pada 29 November 1925, dan kemudian menghilang. Tidak pernah ada jejak kapal dan keberadaan 32 awaknya juga tak pernah ditemukan, yang membuat hilangnya kapal itu menjadi mitos di kalangan rakyat dan budaya pop.

Barnette dan timnya menyisir dokumen-dokumen bersejarah, termasuk dokumen dari perusahaan asuransi kapal, untuk menemukan panggilan darurat yang sebelumnya tidak diketahui yang dikirim oleh Cotopaxi pada 1 Desember 1925.

Dengan memetakan rute kapal, koordinat sinyal dan petunjuk lainnya dari dokumen, mereka lalu menuju di situs yang ditemukan 35 tahun yang lalu yang dikenal sebagai ‘Bear Werck’. ** Baca juga: Solusi Limbah Makanan, Peneliti Singapura Ubah Kulit Durian Jadi Perban Antibakteri

Kapal di lokasi itu tidak pernah diidentifikasi, namun Barnette mengatakan bukti dalam dokumen yang dikombinasikan dengan apa yang ditemukan selama penyelaman di situs Bear Wreck menghasilkan satu kesimpulan, ‘itu adalah kapal uap SS Cotopaxi’.

“Ada beberapa elemen yang mengonfirmasi identitas seperti dimensi kapal dan juga panjangnya,” terang Barnette. “Juga, saya melihat orientasi umum mesin. Itu semua konsisten dengan informasi yang kami ketahui tentang kapal uap SS Cotopaxi.”

Sementara St. Augustine tidak terletak di dalam wilayah apa yang disebut Segitiga Bermuda, tempat menghilangnya sejumlah kapal secara misterius. Segitiga Bermuda adalah bagian Atlantik yang terdefinisi secara longgar yang membentang dari Miami ke Bermuda ke Puerto Riko dan beberapa percaya kapal kerap menghilang secara misterius di sana.

“Secara pribadi, saya percaya itu semua adalah cerita rakyat,” kata Barnette lagi.

Berita Terbaru