oleh

Sesuai Jenisnya, Ada Cara Berbeda Redakan Sakit Kepala

Kabar6-Sakit kepala seringkali menyerang siapa saja, tanpa mengenal waktu dan tempat. Nah, hal yang sebaiknya Anda ketahui adalah, sakit kepala bisa berbeda-beda jenisnya.

Karena itulah, cara meredakannya pun berbeda. Melansir beberapa sumber, ini cara untuk meredakan sakit kepada sesuai dengan jenisnya:

1. Sakit kepala karena tegang
Ini adalah jenis sakit kepala paling umum, yang disebabkan oleh otot tegang di kepala dan leher. Pijat, akupresur, kompres panas atau dingin, dan gosok dengan sesuatu yang mengandung mentol, dapat menghilangkan rasa sakit.

Stres sebenarnya berkontribusi pada hampir semua jenis sakit kepala, jadi ada baiknya mencari metode pereda ketegangan yang cocok dengan rutinitas harian Anda.

2. Sakit kepala migrain
Gejala klasik migrain adalah kilatan visual atau bintik-bintik sesaat sebelum pandangan gelap, disertai dengan nyeri berdenyut, sensitivitas cahaya, serta mual dan muntah.

Untuk itu, Anda disarankan berhenti minum kafein setiap hari, bahkan kopi tanpa kafein. Ketika sensitivitas terhadap kafein meningkat dan migrain kembali datang, konsumsi satu atau dua cangkir minuman berkafein untuk menghindari pelebaran pembuluh darah dan menghentikannya.

3. Sakit kepala mata
Gejalanya meliputi mata yang terasa pegal, panas, gatal, kering, atau berair. Secara bersamaan, penglihatan menjadi kabur atau ganda disertai dengan rasa sakit di kepala, leher, atau punggung.

Sakit kepala mata sering terjadi akhir-akhir ini karena menatap layar laptop, PC, atau smartphone yang bersinar. Solusinya adalah istirahat setidaknya lima menit per jam, lalu Anda harus melihat ke jarak tengah dan jauh. ** Baca juga: Kurangi Pemakaian Garam dengan Cara Efektif

Jika sakit kepala belum kunjung membaik, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru