oleh

Serunya Membaca di Kolong Flyover Balaraja

Kabar6-Bila biasanya kolong jembatan identik dengan kesan kumuh, jorok dan menyeramkan, namun tidak demikian yang terlihat di kolong flyover Jalan Raya Serang, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang.

Keseruan justru membuncah di kolong jembatan tersebut, dimana tampak kelompok anak muda dalam Komunitas Hoby Membaca, menyulap lokasi itu menjadi Taman Baca Masyarakat yang rapih, teduh dan besih.

Tak tanggung-tanggung, di taman bacaan itu juga disediakan aneka buku bacaan yang bisa menambah wawasan pembacanya. Buku-buku itu merupakan sumbangan sukarela dari masyarakat.

Sedianya, taman bacaan yang diririkan sejak enam bulan lalu itu, bertujuan untuk mengajak anak jalanan ataupun masyarakat untuk hoby membaca.

“Saya merasakan hal yang berbeda saat membaca di taman bacaan itu. Lebih seru dibanding saat membaca di perpustakaan sekolah,” ujar Reza, salah seorang siswa Sekolah Dasar (SD) yang sering mengunjungi taman bacaan fly over Balaraja, sabtu (12/12/2015).

Hal senada juga diungkapkan Alya Sofia, siswi SD lainnya yang acap ke lokasi itu. Alya mengaku, meski bising, namun tidak mengurangi fokusnya dalam membaca.

“Banyak kok anak-anak sebaya saya yang datang dan membaca disitu,” ujarnya polos.

Sementara, Ribut, salah seorang relawan di Taman Baca Masyarakat tersebut berharap, keberadaan taman baca itu bisa menekan tingkat buta aksara diwilayah setempat.

“Dengan membudayakan hoby membaca, tentu akan membuat anak-anak dan masyarakat menjadi pintar,” ujarnya.(rani)

Berita Terbaru