oleh

Serius Turunkan Berat Badan? Ini Waktu Makan yang Tepat

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak sekadar mengonsumsi makanan sehat dan gizi yang seimbang, keberhasilan program diet juga dipengaruhi oleh jam makan. Sebuah studi menunjukkan bahwa makan pada jam yang kurang tepat dapat meningkatkan gula darah 18 persen lebih tinggi. Akibatnya, berat badan pun lebih cepat naik.

Bagaimana seharusnya jam makan yang tepat agar program penurunan berat badan berhasil? Dikutip dari Kawaii Beauty Japan, berikut uraiannya:

1. Sarapan, pukul 6.00-9.45
Sebuah riset menunjukkan, hampir 80 persen orang yang sukses menurunkan berat badannya sebanyak 13 kg, rutin sarapan di jam tersebut. Sebaiknya pilih sarapan berprotein tinggi, yang akan menurunkan risiko bertambahnya berat badan, dan mengurangi rasa lapar seharian.

Selain itu, tidak sedikit ahli gizi yang menyarankan sarapan dalam waktu sejam setelah bangun pagi. Konsumsilah karbohidrat sehat seperti oatmeal yang tidak diberi pemanis, sehingga Anda akan menjadi lebih aktif dan bertenaga hingga jam makan siang.

2. Camilan Pagi, 2-4 jam usai sarapan
Camilan pagi bukan hal yang wajib, terlebih jika saat sarapan Anda mengonsumsi makanan berat. Tubuh membutuhkan waktu sekira 2-4 jam untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Jika ingin ngemil sebelum makan siang, pilihlah segenggam kacang almond.

3. Makan siang, sebelum pukul 15.00
Telat makan seringkali ikut memicu bertambahnya berat badan. Sebuah studi membuktikan bahwa lebih dari 75 persen orang yang makan siang lebih awal berhasil menurunkan berat badan lebih banyak dibanding mereka yang telat. Para ahli gizi menyarankan untuk makan siang sebelum pukul tiga sore.

4. Camilan sore, 2-4 jam usai makan siang
Waktu ini akan membuat kadar gula darah dalam tubuh lebih stabil dan menghindari Anda makan terlalu banyak di waktu malam. Pilihlah camilan buah-buahan. ** Baca juga: Apa Penyebab Orang Berkeringat Lebih Banyak dari yang Lain?

5. Makan malam
Sebuah studi menunjukkan data bahwa seseorang yang makan malam sekira pukul enam sore, dan tidak makan apa pun di antara pukul tujuh malam hingga sembilan pagi, dapat menurunkan berat badan lebih lancar serta mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Hindari ngemil usai makan malam karena akan memicu naiknya berat badan.

Jangan lupa konsumsi makanan kaya nutrisi seperti buah, sayur, dan yang lainnya. Diet bukan berarti tidak makan sama sekali lho.(ilj/bbs)

Berita Terbaru