oleh

Sering Nyeri Perut, Ternyata Ada Cacing Pita Sepanjang 2 Meter di Usus Pria Ini

Cacing pita saat ditarik keluar dari mulut pasien.(bbs)
Cacing pita saat ditarik keluar dari mulut pasien.(bbs)

Kabar6-Jangan pernah remehkan sakit perut, terlebih jika sudah berlangsung lebih dari sebulan. Kondisi mengenaskan dialami oleh seorang pria asal India yang mengeluh sakit perut sejak dua bulan lalu.

Hasil pemeriksaan kolonoskopi, dikutip dari Detik, sungguh mengejutkan. Dokter menemukan cacing pita sepanjang hampir dua meter dalam usus pria malang tersebut.

Cacing dengan nama ilmiah Taenia solium ini disebut sebagai cacing parasit terpanjang yang pernah ditemukan oleh tim dokter di PVS Memorial Hospital di India. ** Baca juga: Buset, Puluhan Burung Falcon Milik Pangeran Arab Naik Pesawat dengan Paspor Khusus

Cacing tersebut akhirnya diangkat dengan cara ditarik keluar melalui mulut pasien. Total panjangnya 1,88 meter atau 6,2 kaki. Meskipun diklaim sebagai yang terpanjang di rumah sakit tersebut, cacing ini bisa tumbuh mencapai 3,5 meter di usus pasien.

Infeksi cacing pita, dikutip dari Livescience, seringkali tidak disadari karena tidak selalu bergejala. Dalam beberapa kasus, infeksi ditandai dengan nyeri perut seperti yang dialami pasien ini.(ilj/bbs)

Berita Terbaru