oleh

Sering Nonton Film Via Internet? Hati-hati Penuaan Kulit

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang hobi menonton film secara streaming atau via internet, baik lewat Netflix atau Viki.

Nah, untuk hobi yang satu itu, Anda disarankan agar berhati-hati, karena terlalu banyak menghabiskan waktu di depan laptop atau layar smartphone bisa menyebabkan kulit menua lebih cepat.

Dermatologist Dr Justine Hextall dari Harley Medical Group, dikutip dari Wolipop, menjelaskan bahwa kecanduan nonton streaming online bisa mempercepat timbulnya garis-garis halus, kerutan dan kulit kendur.

Kerutan biasanya terkonsentrasi di area dahi, bawah mata, smile lines (garis senyum) dan sekitar pipi. Penyebabnya, karena pendaran cahaya dari gadget.

“Cahaya dari ponsel dan layar komputer termasuk jenis cahaya HEV (high energy visible) yang bisa merasuk hingga ke lapisan kulit yang lebih dalam. Akibatnya bisa terjadi kerusakan karena radikal bebas yang memicu terbentuknya enzim MMP-1,” terang Justine seperti dikutip dari Daily Mail.

MMP-1 merupakan enzim yang memecah kolagen dan elastin, struktur yang berperan penting menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Saat kolagen dan elastin sudah rusak, maka akan terlihat dari luar seperti timbulnya kerutan, kulit kendur dan garis-garis halus yang membuat wajah terlihat tua.

Parahnya lagi jika Anda menggunakan laptop atau smartphone di luar ruangan, atau dalam ruangan di mana cahaya matahari menerpa langsung lewat jendela.

Selain terpapar cahaya dari gadget, kulit juga terkena cahaya UVA dan UVB dari matahari. Belum lagi apabila cahaya matahari tersebut terpantul oleh layar laptop atau smartphone.

“Ini akan meningkatkan konsentrasi paparan sinar UV berbarengan dengan sinar HEV maka dari itu para ahli sangat merekomendasikan Anda menutupi kulit dan memakai sunscreen dengan perlindungan lengkap saat menggunakan gadget di luar ruangan,” jelasnya.

Disarankan agar Anda memilih produk sunscreen yang bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Sunscreen dengan perlindungan lengkap dan menyeluruh, biasanya disebut dengan ‘broad spectrum qualities’, biasanya mencantumkan label SPF dan PA dalam kemasannya.

Untuk menangkis pengaruh buruk sinar dari layar gadget maupun matahari, gunakan krim, lotion atau gel yang mengandung sedikitnya SPF 25 dan PA++. ** Baca juga: Kenapa Sih Sering Telat Menstruasi?

Oleskan setiap dua hingga tiga jam sekali untuk perlindungan maksimal apabila Anda berada seharian di depan layar laptop/smartphone atau luar ruangan. (ilj/bbs)

Berita Terbaru