oleh

Sering Dikaitkan dengan Kisah Horor, Ini 7 Fakta Unik Burung Hantu

Kabar6-Melihat sosok burung hantu, nyaris sebagian orang akan mengaitkan dengan di film-film horor atau penyihir. Burung hantu adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes.

Burung ini termasuk golongan burung buas (karnivora, pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal). Seluruhnya, terdapat sekira 222 spesies yang diketahui, menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.

Di dunia barat, hewan ini dianggap simbol kebijaksanaan. Berikut ini, melansir Kompas, ada tujuh fakta unik tentang burung hantu:

1. Bisa berenang
Jenis burung hantu bertanduk mampu berenang menggunakan sayapnya. Burung hantu bertanduk ternyata memiliki sayap yang sangat kuat. Ketika mengincar sesuatu di dalam laut, akan lebih mudah bagi mereka untuk berenang dibandingkan terbang dan kemudian basah pada sayapnya.

Setelah sampai di pantai, burung hantu bertanduk akan mengeringkan bulu terlebih dahulu sebelum terbang.

2. Hidup di siang hari
Burung hantu terkenal aktif di malam hari, karena seluruh tubuhnya cocok untuk kehidupan malam. Burung hantu juga memiliki cukup cahaya pada matanya, meski sudah malam mereka bisa melihat target sasaran mangsanya.

Namun, beberapa jenis burung hantu ternyata juga bisa aktif pada siang hari. Contohnya, Great Gray Owl, Northern Hawk Owl, dan Northern Pygmy Owl. Mereka memburu mangsa yang muncul pada siang hari, seperti burung pada umumnya. Hal yang tak diduga, burung hantu masih satu kerabat dengan burung elang.

3. Mata palsu
Northern Pygym Owl memiliki mata besar berwarna kuning, juga bulu hitam di belakang kepalanya, sehingga terlihat seperti mata. Mata palsu ini berfungsi untuk mengelabuhi predator yang akan memangsanya. Predator akan merasa burung hantu tersebut sedang melihatnya.

4. Telinga asimetris
Bentuk telinga dari burung hantu tidak sama dan masing-masing telinga mampu mendeteksi frekuensi bunyi yang berbeda. Mereka menggunakan perbedaan waktu dan nada suara untuk memastikan mangsanya.

5. Betina memiliki tubuh lebih besar
Burung hantu betina memiliki tubuh lebih besar dibandingkan jantan. Namun, bentuk tubuh burung hantu jantan yang lebih kecil membantunya terbang lebih cepat dan cekatan saat berburu.

6. Memutar 270 derajat
Setiap burung hantu mampu memutar lehernya hingga 270 derajat, sehingga mereka bisa melihat keadaan di belakang tanpa membalikkan tubuhnya. ** Baca juga: Tradisi Unik di Jerman, Bersihkan Tempat Umum Jika Masih Lajang di Usia 30 Tahun

Kemampuan ini juga berguna bagi burung hantu yang hidup di alam liar. Selain itu, kemampuan ini untuk menutupi bahwa burung hantu memiliki kesulitan dalam menggerakkan matanya.

7. Jari yang berlawanan
Burung hantu memiliki empat jari dengan letak yang berlawanan. Dua di depan dan dua di belakang. Hal ini mempermudah burung hantu dalam menangkap mangsa dengan kuat.

Unik, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru