oleh

Sering Dihindari, Makan Malam Ternyata Miliki Sejumlah Manfaat

Kabar6-Banyak orang yang menghindari makan malan karena khawatir berat badan melonjak, terlebih bagi Anda yang tengah menjalankan diet ketat. Namun benarkah makan malam memang membuat tubuh menjadi gemuk?

Jawabannya adalah tergantung makanan apa yang Anda konsumsi. Bahkan, apabila makanan yang dikonsumsi di malam hari adalah hidangan yang tepat, justru akan membuat Anda mendapatkan banyak manfaat baik. Melansir livestrong, ini sejumlah manfaat makan malam?

1. Makan malam yang tepat membantu menjaga kadar gula darah Anda keesokan harinya
Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, apa yang Anda makan saat makan malam dapat mempengaruhi tubuh dalam merespon apa yang akan dimakan untuk sarapan keesokan harinya.

Temuan ini menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan mengandung glikemik rendah saat makan malam hari, keesokkan paginya membuat tubuh lebih mampu mengontrol kadar gula darah setelah sarapan.

Kontrol gula darah yang optimal tidak hanya penting untuk membantu menurunkan berat badan tetapi juga menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Makanan yang mengandung glikemik rendah seperti kacang-kacangan, kacang hitam, ubi jalar atau sayuran hijau favorit Anda dengan protein tanpa lemak, seperti dada ayam, daging sapi tanpa lemak atau salmon.

2. Tidak semua karbohidrat akan berubah menjadi lemak bila Anda makan saat malam hari
Olahraga adalah salah satu kegiatan dalam hidup Anda yang memiliki efek terbesar pada proses tubuh Anda dalam memetabolisme makanan.

Saat Anda berolahraga akan terjadi perubahan pada tubuh, seperti halnya makanan yang dikonsumsi akan memberi perubahan pada tubuh.

Setelah berolahraga, otot Anda akan menyerap lebih banyak karbohidrat sebagai respon pemulihan tubuh paska olahraga. Tapi kebanyakan orang yang melakukan olahraga di sore hari akan merasa takut untuk makan malam, khawatir karbohidrat yang dikonsumsi akan menjadi lemak.

Padahal bila Anda tidak makan setelah berolahraga, tubuh tidak mendapatkan nutrisi untuk memulihkan kembali tenaga yang hilang saat olahraga. Nutrisi yang Anda konsumsi setelah berolahraga akan membantu menjaga otot tubuh menjadi lebih kuat dan lebih baik.

Jadi, jangan lewatkan karbohidrat setelah Anda berolahraga saat malam hari. Hal yangg harus diketahui, karbohidrat yang dimaksud antara lain seperti ubi atau pisang untuk membantu mengisi kembali bahan bakar energi otot, agar Anda menjadi lebih siap menghadapi hari esok.

3. Makan karbohidrat di malam hari akan menghindari Anda mengalami kelaparan di malam yang lebih larut
Sebuah penelitian baru menemukan, makan karbohidrat di malam hari benar-benar dapat membantu Anda dalam mengontrol nafsu makan sepanjang hari.

Dalam sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Obesity and Nutrition, Metabolism & Cardiovascular Diseases, para peneliti menempatkan sekelompok orang yang terdiri dari 63 polisi wanita dan polisi laki-laki obesitas dengan 2 tipe diet

Rencana diet pertama mereka akan makan karbohidrat lebih banyak di pagi dan siang hari, sementara rencana diet kedua konsumsi karbohidrat lebih banyak saat makan malam.

Temuan tersebut menunjukkan, peserta yang makan sebagian besar karbohidrat di jam makan malam mengalami perubahan hormonal yang mengurangi rasa lapar. Kemampuan untuk mengontrol rasa lapar merupakan strategi kunci dalam keberhasilan penurunan berat badan jangka panjang.

4. Protein sebelum tidur dapat membantu Anda membangun otot selama tidur
Sebuah mitos tentang makan sebelum tidur adalah bahwa Anda tidak mencerna makanan saat sedang tidur. Sebenarnya saat Anda sedang tidur, tubuh tidak berhenti bekerja, jantung Anda tetap memompa darah, begitu pula dengan paru-paru meski tidak seaktif saat siang hari.

Jadi apabila makanan yang dikonsumsi tepat sebelum tidur, justru akan membantu mengoptimalkan upaya membangun otot Anda. Binaragawan telah lama mengonsumsi makanan kaya protein seperti susu, keju, yoghurt dan bubuk protein sebelum tidur untuk membantu meningkatkan membangun massa otot saat tidur.

Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Medicine and Science in Sports and Exercise mengungkapkan, protein yang dikonsumsi sebelum tidur membantu pertumbuhan, perbaikan dan pemeliharaan otot sebagai pemulihan setelah Anda berolahraga. ** Baca juga: Berapa Banyak Telur yang Sebaiknya Dikonsumsi dalam Sehari?

Untuk mempercepat pemulihan dari sesi olahraga Anda, makan semangkuk greek yoghurt sebelum tidur malam. Hal yang harus diingat, pilih makanan yang tepat. Hindari junk food yang mengandung kalori tinggi dan rendah gizi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru