oleh

Sering Dihindari, Ada 5 Manfaat Baik Gula untuk Tubuh

Kabar6-Gula memang identik dengan rasa manis. Tidak hanya sebagai pemanis minuman, gula juga sering ditambahkan pada sejumlah masakan agar rasanya lebih enak.

Namun di satu sisi, banyak orang yang mulai menghindari pemakaian gula berlebihan demi kesehatan, termasuk juga mereka yang sedang menjalankan program diet.

Padahal apabila ditambahkan dalam porsi wajar, gula memiliki sejumlah manfaat baik untuk tubuh, lho. Melansir beberapa sumber, ini lima manfaat yang dimaksud:

1. Memberi energi instan
Ketika gula masuk ke darah, maka akan diubah menjadi glukosa yang diserap oleh sel-sel tubuh dan menghasilkan energi. Beberapa olahragawan membawa sugar cube (gula pasir yang dipadatkan berbentuk kubus) di kantung mereka, jika sewaktu-waktu memerlukan energi secara cepat.

2. Tekanan darah rendah
Orang yang memiliki tekanan darah rendah terkadang mengalami blackout atau keadaan hampir pingsan. Jika hal ini terjadi, segera konsumsi gula, misalnya dalam bentuk sugar cube atau minuman manis, agar tekanan darah dapat naik dengan cepat.

3. Membuat otak berfungsi dengan baik
Blackout terjadi karena pasokan gula ke otak terputus. Ya, otak tak dapat berfungsi dengan baik tanpa gula.

4. Atasi depresi
Gula bisa menjadi obat instan untuk depresi karena membuat kita menjadi ‘high’. Tak heran, saat sedih atau marah, ‘obat’ paling manjur adalah cokelat dan dessert.

5. Sehatkan kulit
Asam glikolat dalam gula dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Gula dapat menghilangkan noda pada wajah serta mengembalikan keseimbangan minyak kulit.

Selain bermanfaat untuk tubuh, gula juga membantu reaksi kimia penting yang terjadi saat memasak dan membuat kue, yakni karamelisasi dan reaksi Maillard.

Karamelisasi terjadi saat panas memecah gula, sehingga muncul warna keemasan dan rasa nutty (rasa yang menggambarkan kopi dengan balutan rasa kacang-kacangan).

Sementara itu, reaksi Maillard terjadi ketika asam amino dalam protein bereaksi dengan gula jika ada panas. Hasilnya, warna keemasan dan rasa yang kompleks. ** Baca juga: Jangan Asal, Begini Cara Buang Sisa Minyak Goreng yang Benar

Jadi, konsumsi gula dalam batas wajar, sebab rasa manis gula bisa menyebabkan kecanduan, dan konsumsi gula berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Pilih gula yang berasal dari sumber alami dan higienis.(ilj/bbs)

Berita Terbaru