oleh

Sering Diabaikan, Tanda Kulit Dehidrasi yang Patut Diketahui

Kabar6-Saat kulit terasa lebih sensitif, kusam, serta tidak lagi terlihat glowing, bisa jadi itu tanda kulit Anda mengalami dehidrasi, yaitu kondisi kulit kekurangan cairan yang berakibat menurunnya tingkat kelembapan.

Masalah dehidrasi menyerang semua jenis kulit, mulai dari kering, berminyak, hingga kombinasi. Biasanya, kulit dehidrasi akan ditandai oleh beberapa perubahan pada kulit. Di antaranya adalah rasa tidak nyaman di area wajah, tangan dan anggota tubuh lainnya.

Kulit akan terasa kencang namun berbeda dengan kulit yang sehat. Bahkan bahayanya kulit bisa mengelupas dan sensitif. Melansir Herworld, berikut tanda-tanda kulit dehidrasi:

1. Kulit tampak kusam
Kulit yang segar dan sehat artinya kulit yang mendapatkan hidrasi yang cukup. Kulit yang terhidrasi akan cerah dan memiliki efek glowing.

Salah satu tanda awal yang jelas dari kulit yang dehidrasi adalah kulit yang kusam. Tak hanya kusam, kulit yang dehidrasi akan memunculkan kerutan di wajah dan tanda penuaan lainnya.

2. Kulit bersisik dan kasar
Dehidrasi bisa menyebabkan kulit kita menjadi bersisik dan kasar. Bahayanya jika dibiarkan waktu yang lama, bisa mengelupas dan mengakibatkan ketidaknyamanan. Jadi, penting untuk mencukupi kebutuhan mineral dari dalam dan luar tubuh.

Kulit kasar seperti ini bisa diatasi dengan menggunakan krim pelembap dan juga melindungi diri dari paparan sinar matahari. Dengan cara ini kulit bisa terhidrasi secara maksimal dan terlindungi dari berbagai masalah kulit.

3. Kulit terasa nyeri
Dehidrasi berat juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada kulit, biasanya akibat faktor lingkungan sekitar, diet, dan kurangnya perawatan. Selain bersisik dan kasar, kulit kita terasa nyeri, gatal, dan pecah-pecah.

Pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid bisa membantu Anda mengatasi ini dan mengembalikan kelembapan kulit.

4. Garis halus & kerutan
Munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit kerap mengkhawatirkan banyak orang. Faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut bisa jadi karena kurangnya asupan makanan yang sehat atau gaya hidup yang kurang sehat.

Munculnya garis halus dan kerutan bisa menjadi salah satu tanda bahwa kulit mengalami dehidrasi. ** Baca juga: Bagaimana Efek Konsumsi Kopi Saat Sahur?

5. Kulit berjerawat
Jerawat timbul karena pori-pori kulit tersumbat oleh penumpukan sel kulit mati dan kurangnya cairan pada kulit. Nah, kulit yang dehidrasi akan rentan terhadap jerawat karena kurangnya cairan pada kulit.

Karena itulah penting bagi kita untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kulit menjadi dehidrasi antara lain faktor emosional yaitu stres, banyak pikiran, dan kelelahan.

Kemudian faktor lingkungan, faktor eksternal seperti asap rokok, alkohol. Hal lain adalah faktor kosmetik yaitu produk kosmetik yang mengandung deterjen atau bahan kimia yang terlalu keras dapat membuat kulit mengelupas dan kering.

Selanjutnya, perawatan medis yaitu pemakaian obat jerawat yang berlebihan juga bisa menyebabkan kulit menjadi dehidrasi dan kusam.(ilj/bbs)

Berita Terbaru