oleh

Seragam Paskibraka Lebak Disorot

Kabar6-Seragam untuk calon pasukan bendera pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara 17 Agustus 2022 di Alun-alun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, mendapat sorotan.

Pakaian dinas upacara (PDU) yang warnanya serba putih itu dikritik lantaran dianggap tidak layak dipakai oleh anggota paskibraka saat menjalankan tugas.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Lebak, Acep Dimyati, meminta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) agar secepatnya mengganti seragam tersebut.

“Saya minta diganti dengan yang pantas, bukan mahal tapi yang memang pantas dipakai,” kata Acep saat diperlihatkan foto salah satu seragam Paskibraka Lebak, Jumat (12/8/2022).

Selain karena tak pantas digunakan, apalagi untuk anggota Paskibraka di tingkat kabupaten, kondisi seragam yang terlihat tak rapih itu akan mengundang komentar miring masyarakat terutama peserta upacara.

“Upacara harus berjalan khidmat, minimal peserta upacara fokus mengikuti, bukan jadi mengomentari seragam yang kurang pantas,” sebut Acep.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Lebak, Erik Aprijal, juga menyayangkan tidak rapihnya seragam calon Paskibraka tersebut.

“Jangan kan kami, saya rasa masyarakat juga sudah bisa melihat kalau seragam itu tidak layak ya dipakai untuk anggota Paskibraka bertugas,” kata Erik.

Padahal kata Erik, PPI sebelumnya sudah memberikan contoh PDU kepada Dispora untuk menjadi acuan supaya bahan pakaiannya sama sehingga rapih dan nyaman saat dipakai.

“Kami sudah tanya ke pihak Dispora, katanya sudah dilakukan pergantian dan kalau enggak meleset bakal selesai besok. Karena infonya seragam untuk pasukan Polri dan TNI nya juga ada masalah,” ungkap Erik.

**Baca juga: 784 Siswa di Lebak Ikuti Kompetisi Sains Madrasah, Begini Harapan Kemenag

Kepala Dispora Lebak, Asep Komar belum memberikan penjelasan soal seragam tersebut.

“Sedang rapat,” singkat Asep saat dihubungi.(Nda)