Seputar Fakta Tentang Tabir Surya

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tabir surya adalah produk yang dapat Anda gunakan untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Namun apakah tabir surya benar-benar memberikan perlindungan pada kulit?

Tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) 50, hanya memberikan 40 persen dari perlindungan yang diharapkan, dengan catat apabila dioleskan dengan cara yang tepat. Dikutip dari beberapa sumber, banyak orang menganggap semakin tinggi SPF maka semakin memberikan perlindungan. Padahal, setinggi apapun SPF yang terkandung dalam tabir surya, apabila tidak digunakan dengan cara yang tepat, tidak memberikan perlindungan.

Cara Anda mengaplikasikan tabir surya pada wajah atau tubuh, berperan penting dalam menentukan seberapa efektif perlindungannya. Nah, karena kebanyakan orang tidak menggunakan tabir surya dengan benar, lebih baik menggunakan SPF yang jauh lebih tinggi.

Secara teori, SPF 15 harusnya cukup untuk melindungi kulit. Tetapi kita tahu bahwa dalam situasi dunia nyata dibutuhkan perlindungan tambahan yang ditawarkan oleh SPF yang lebih tinggi dari 30.

Selain penggunaan tabir surya, pakaian dan benda lainnya seperti topi akan membantu Anda terlindung dari sinar matahari. Perlindungan tambahan tersebut sangat bermanfaat karena penggunaan tabir surya pada kulit cenderung hilang atau dioleskan terlalu tipis.

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal dari tabir surya, disarankan untuk mengoleskan setidaknya setengah sendok teh (3 ml) ke kepala, leher, dan juga lengan. Sedangkan untuk bagian kaki, dada, dan punggung sedikit lebih banyak yaitu satu sendok teh (6 ml). ** Baca juga: Ahli Gizi: Jarang Sarapan Justru Bikin Tubuh Gemuk

Selamat mencoba.(ilj/bbs)