oleh

September 2022 Kabupaten Tangerang Tuan Rumah KTT Sanitasi Kota

Kabar6-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, Kabupaten Tangerang akan menjadi tuan rumah KTT Sanitasi Kota (City Sanitation Summit) ke-20 di akhir September mendatang 2022.

“Alhamdulillah sudah siap nanti ketuanya juga pak wali kota Jambi, dan sudah beberapa kali hadir rapat, mudah-mudahan pelaksanaan nanti lancar,” ujar Zaki Iskandar kepada kabar6.com di Puspemkab Tangerang, Rabu (28/6/2022).

Ia mengatakan, Kabupaten Tangerang dipilih untuk menjadi tuan rumah setelah ada pertemuan dari pemerintah kota/kabupaten. Pemerhati sanitasi se-Indonesia dari Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) para anggotanya setiap dua tahun sekali memilih tuan rumah yang memiliki produk sanitasi yang bagus.

Zaki bilang, sampai saat ini sebenarnya sudah beberapa kali Kabupaten Tangerang dipilih menjadi tuan rumah KTT Sanitasi Kota.

“Ada sanitasi berbasis sekolah atau sanisek, ada sanitasi pondok pesantren, sanitasi pengelolaan limbah komunal, ini yang menjadi percontohan dari daerah lain, bahkan sanitasi sekolah ini bukan saja nasional tapi juga internasional,” katanya.

Zaki menyebut, pertemuan antar pejabat menjadi ajang bertukar pengetahuan serta pengalaman mengelola sanitasi lingkungan.

**Baca juga: Satpol PP Kabupaten Tangerang Sebut Dua Outlet Holywings Berizin

“Makanya kemarin itu sampai ke Jambi, sampai juga ke Papua, menjadi program unggul kita. Kendalanya program ini hanya biaya, proses perawatan pemeliharaan,” tegasnya.

“Siapa pun yang menerima Ffasilitas sanitasi dari Pemda itu harus dirawat dan dipelihara, agar bisa eksistensi bisa berkelanjutan,” pesan Zaki.(Rez)