oleh

Seorang Remaja India Ciptakan Celana Dalam Antiperkosaan Dilengkapi dengan GPS

Kabar6-Seenu Kumari, seorang pelajar yang lahir dalam sebuah keluarga miskin di desa Farrukhabad, Uttar Pradesh, India, berhasil menciptakan celana dalam wanita yang bisa mencegah terjadinya aksi perkosaan.

Celana dalam berwarna pink ini dibuat dari bahan yang tahan peluru dan irisan pisau. Dilansir Huffingtonpost, celana dalam ini pun dilengkapi dengan kamera dan alat pelacak jejak. Alat GPS tadi akan memberi peringatan kepada polisi. Termasuk juga diberi tombol panggilan darurat dan kunci pengaman dengan kode angka.

“Aku menghabiskan biaya 5.000 rupee (Rp1 juta) untuk membuat model celana dalam ini,” kata Seenu.

Meskipun harganya memang lebih mahal dibandingkan celana biasa, Seenu berharap pemerintah akan memperhatikan dan membuat alat ini bisa dipakai oleh wanita miskin dengan cara subsidi.

Karya unik Seenu ini juga mendapat penghargaan dari Menteri Pembangunan Wanita dan Anak India, Maneka Gandhi. Selain mencegah terjadinya perkosaan, Seenu mengklaim celana dalam ciptaannya ini dapat menghindari wanita dari pelecehan seksual. Diktahui, penganiayaan anak adalah umum terjadi di Uttar Pradesh. Kaum wanita sering mengalami serangan di jalan dan foto pornografi perkosaan dijual begitu murah di pasaran.

“Aku memasang sebuah kunci pintar yang tidak akan terbuka sebelum dimasukkan kode sandinya. Aku juga memasang sebuah alat elektronik GPS dan tombol panggilan,” tambah Seenu.

Ketika seseorang mencoba menganiaya seorang wanita, dijelaskan Seenu, alat ini akan mengirimkan pesan ke keluarga wanita itu dan juga polisi. Polisi bisa datang ke tempat kejadian dengan mengikuti panduan dari GPS dan mencegah perkosaan terjadi.

Sementara kamera video yang terpasang di celana dalam itu akan merekam dan menyimpan identitas pelaku kejahatan. “Seorang wanita tidak perlu memakai celana dalam ini terus menerus. Dia dapat memakainya ketika akan bepergian sendirian atau bila ia mendapati sebuah tempat yang tidak aman,” urai Seenu.

Alat ini, menurut Seenu, dapat membantu keamanan wanita dari pria jahat yang mencoba melakukan kekerasan pada wanita. Bila seorang wanita berada di bawah ancaman, wanita yang memakai celana dalam ini dapat menekan tombol darurat pada celana yang akan terhubung dengan nomor darurat yang dipasang sebelumnya.

Prototype dari celana dalam ini dikirim ke Yayasan Inovasi Nasional di Allahabad untuk dipatenkan. “Bila kita menggunakan baju dan peralatan dengan kualitas lebih bagus, celana dalam ini akan siap digunakan dan dijual ke pasaran,” ujarnya. ** Baca juga: Momen Unik, Bayi Kembar di AS Ini Lahir Beda Tahun & Tanggal

Salah satu upaya perlindungan terhadap wanita yang sangat membantu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru