oleh

Penumpang di AS Berhasil Daratkan Pesawat Kecil Karena Pilot Mendadak Sakit

Kabar6-Meski tidak memiliki pengalaman sama sekali, seorang penumpang berhasil mendaratkan sebuah pesawat kecil dengan selamat di lepas pantai Atlantik, Florida, Amerika Serikat (AS).

Rupanya, hal itu dilakukan setelah sang pilot tiba-tiba jatuh sakit. Dengan menggunakan radio kokpit, melansir Time, penumpang yang tak disebutkan namanya itu bergerak cepat meminta petunjuk tentang cara mendaratkan pesawat. “Saya punya situasi serius di sini,” kata penumpang pria itu. “Pilot saya menjadi tidak koheren. Saya tidak tahu bagaimana menerbangkan pesawat.”

Seorang pengontrol lalu lintas udara di Fort Pierce pun menjawab panggilan radio kokpit, dan menanyakan apakah si penumpang tersebut tahu posisi pesawat Cessna 280 bermesin tunggal yang hendak didaratkannya.

“Saya tidak punya ide. Saya bisa melihat pantai Florida di depan saya, dan saya tidak tahu,” jawab penumpang tadi.

Diketahui, kontrol kembar memungkinkan pesawat Cessna 280 dikemudikan dari kursi penumpang. Pengontrol lalu lintas udara mengatakan kepada penumpang tersebut untuk mempertahankan ketinggian sayap dan mencoba mengikuti pantai, baik ke utara atau ke selatan. Beberapa menit berlalu, pengontrol lalu lintas udara dapat menemukan pesawat yang saat itu sedang menuju utara di atas Boca Raton.

Kemudian, suara penumpang itu tampak memudar, sehingga pengontrol lalu lintas udara di Fort Pierce meminta nomor ponselnya agar pengontrol di Bandara Internasional Palm Beach dapat berkomunikasi dengannya lebih jelas.

Pengendali lalu lintas udara, Robert Morgan, yang seorang veteran 20 tahun, mengambil alih komando pada saat itu, membujuk penumpang tersebut untuk mendarat dengan aman. “Salut untuk pilot baru,” puji pengontrol lalu lintas udara setelah pesawat meluncur mulus di landasan.

Morgan mengatakan, dia merasa berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. “Saya tahu pesawat itu terbang seperti pesawat lainnya. Saya hanya harus membuatnya tetap tenang, mengarahkannya ke landasan pacu dan hanya memberitahunya bagaimana mengurangi kekuatannya sehingga dia bisa turun ke darat. Rasanya sangat menyenangkan untuk membantu seseorang,” terang Morgan.

Juru bicara Administrasi Penerbangan Federal, Rick Breitenfeldt, membenarkan bahwa pesawat itu hanya berisi pilot yang jatuh sakit dan penumpang pria. Belum ada penjelasan segera tentang kondisi pilot, dan pihak berwenang tidak merilis identitas mereka.(ilj/bbs)

Berita Terbaru