oleh

Seorang Dokter Asal Singapura Dipecat Karena Sebut Wanita Pantas untuk Diperkosa

Kabar6-Seorang dokter asal Singapura yang kini berdomisili dan bekerja di Melbourne, Australia, mengeluarkan pernyataan kontroversial sehingga berujung dipecat dari pekerjaannya.

Bukan karena kasus malapraktik, melansir Feedme, Dr Christopher Kwan Chen Lee (31) ini dipecat karena ketahuan beberapa kali menyerukan pemerkosaan terhadap kaum hawa yang disebut memang pantas untuk diperkosa. Awalnya, Dr Chen Lee menerika sanksi diskorsing selama enam minggu oleh pihak rumah sakit. Namun pihak berwenang atas nama Australian Health Practitioner Regulation Agency (AHPRA) kini memberhentikan Dr Chen Lee untuk selamanya.

Menurut AHPRA, Dr Chen Lee dinyatakan terbukti bersalah karena telah berulang kali melontarkan komentar-komentar SARA dalam sebuah forum online di Singapura, bahkan beberapa komentarnya dijadikan alat bukti dalam persidangan.

Salah satu komentarnya yang sangat tidak bisa ditolerir adalah mengatakan bahwa wanita memang layak diperkosa, dan wanita jalang congkak itu memang cocok diperkosa. Dalam sebuah pernyataannya, AHPRA menegaskan, mereka mengambil tindakan ini demi kepentingan publik untuk menjaga kepercayaan pada profesi medis.

Meski lembaga ini tidak memiliki kewenangan hukum untuk memberhentikan seorang sebagai dokter, keputusan pemberhentian Dr Chen Lee sudah menjadi kewenangan peradilan independen. ** Baca juga: Untuk Hindari Jam Malam, Perempuan di Kanada Ini Perlakukan Pasangannya Bak Anjing Peliharaan

Diketahui, Dr Chen Lee berhasil meraih gelar dokternya di University of Melbourne pada 2012. Kemudian, ia berkarier di RS Box Hill Hospital, dan juga diketahui bekerja sebagai dokter sambilan di RS Royal Hobart Hospital, serta sebuah RS di Kota Traralgon.

Sementara itu, Ketua Australian Medical Association (AMA) di Victoria bernama Dr Julian Rait menyatakan sikap tidak baik jika dokter seperti Chen Lee dibiarkan, karena baginya tidak ada profesi medis yang membenarkan kekerasan terhadap perempuan.

Dalam sebuah diskusi online, Dr Chen Lee pernah memberikan jawaban seksis dan rasis manakala ada seorang member yang pernah bertanya terkait medis dan menanyakan berapa gaji yang ia terima selama bekerja sebagai dokter.

Bahkan sempat beberapa kali Dr Chen Lee memposting foto vulgar dalam forum online tersebut. Dalam sebuah wawancara, Dr Chen Lee mengaku tidak sedikit pun ada rasa penyesalan dalam dirinya, bahkan menikmati dengan apa yang dilakukan.

Edan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru