oleh

Sensus Penduduk 2020, Kabupaten Tangerang Urutan Ke 4 Terbanyak Di Indonesia

Kabar6-Badan Pusat Statistik (BPS) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan rilis bersama data sensus penduduk tahun 2020 (SP2020) untuk pertama kalinya di Hotel Borobudur Jakarta pada Kamis (21/1/2021).

Acara tersebut, bertujuan untuk menginformasikan data terkait kependudukan Indonesia selama satu tahun ke belakang. Dengan mengambil tema ‘Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia’ total jumlah penduduk hasil sinkronisasi antara SP2020 dan data Administrasi Kependudukan (Adminduk) sampai dengan September 2020, yakni sebanyak 270,20 juta jiwa.

Dalam pemaparannya Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, hingga Desember 2020 ada kenaikan jumlah penduduk menjadi 271,35 juta jiwa.

“Ada kenaikan, karena adanya laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,14 persen dari bulan September hingga bulan Desember 2020,” jelas Suhariyanto.

Sementara itu, Muhammad Huddori selaku Sekjen Kemendagri mengatakan, bahwa Kabupaten Tangerang berada di urutan keempat dengan jumlah sebaran penduduk tertinggi berdasarkan Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia. Sama halnya dengan Provinsi Banten yang juga menjadi Provinsi kelima dengan jumlah penduduk tertinggi setelah Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur dan juga Jawa Barat.

“Lima provinsi dengan jumlah penduduk tertinggi saat ini yaitu Jawa Barat, disusul Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Banten,” ungkap Huddori.

**Baca juga: Selidiki Dugaan Penyimpangan Kartu PKH di Kecamatan Kemiri, Polisi Panggil Korkab

Banten berada diurutan terakhir dari lima provinsi dengan penduduk tertinggi yang ada di Indonesia. Total jumlah penduduk yang ada di Banten yakni sebanyak 11,64 juta jiwa. Adapun sebaran penduduk di Provinsi Banten masih banyak yang berada di wilayah Tangerang Raya sebesar 54,56 persen.

Hal ini sejalan dengan ditetapkannya Kabupaten Tangerang dalam urutan keempat, sebagai wilayah Kabupaten/Kota dengan sebaran penduduk tertinggi di Indonesia berdasarkan rilis yang dilakukan oleh Kemendagri.(Han)

Berita Terbaru