Sensasi Makanan Pedas yang Baik untuk Kesehatan

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Salah satu makanan yang menjadi favorit banyak orang adalah yang memiliki cita rasa pedas. Meskipun mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat memicu perut mulas atau bahkan buang-buang air, di sisi lain makanan pedas memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, lho.

Tentu saja manfaat ini akan didapat apabila Anda mengonsumsi makanan pedas dengan porsi wajar. Melansir Care2, ini dia beberapa manfaat yang dimaksud:

1. Bantu lawan peradangan
Peradangan disebut sebagai ‘pembunuh rahasia’ karena dapat meningkatkan risiko diabetes, Alzheimer, penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan kanker. Beberapa bumbu seperti kunyit, cengkeh, kayu manis, jahe dan juga cabai memiliki sifat antioksidan kuat, yang dapat membantu melawan peradangan.

2. Panjang umur
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard dan Pusat Penyakit dan Pencegahan Kontrol Tiongkok mengungkapkan, mengonsumsi makanan pedas selama enam atau tujuh hari dapat menurunkan risiko kematian Anda sebesar 14 persen. Mereka percaya, konsumsi rutin makanan pedas dapat mengurangi faktor risiko kematian seperti kanker, penyakit pernapasan, dan penyakit jantung.

3. Lawan kanker
Capsaicin, senyawa yang ditemukan dalam cabai dapat membantu melawan kanker. Dalam penelitian menggunakan seekor hewan, para peneliti menemukan bahwa capsaicin mencegah pertumbuhan kanker prostat.

4. Kontrol nafsu makan
Rempah-rempah seperti cabai, kayu manis dapat mengatur kadar gula darah, dan membuat Anda lebih mudah untuk mengendalikan keinginan makan. Bumbu lain yang dapat membantu mengatur gula darah termasuk basil, cengkeh merah, lavender, oregano, lemon balm, mint, dan daun ketumbar.

5. Bantu metabolisme
Memberi bumbu dengan cabai rawit dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Bumbu ini juga bisa mengatur selera makan, sehingga cabai sering kerap disebut sebagai bumbu ajaib. ** Baca juga: Mengapa Hanya Melihat Foto Makanan Saja Sudah Bikin Kita Merasa Lapar?

Jadi jangan ragu menambahkan cabai atau bumbu pedas dalam makanan Anda, namun dalam batas yang wajar, ya.(ilj/bbs)