oleh

Semua Jalan Desa Hilgermissen di Jerman Tidak Punya Nama

Kabar6-Tampaknya GPS tidak bakal berguna saat Anda berkunjung ke Desa Hilgermissen, Jerman. Bagaimana bisa? Bukan karena dilarang, ternyata di desa tersebut tidak ada nama jalan, bahkan nomor rumah pun tidak memiliki urutan yang jelas.

Desa yang terletak di utara Jerman ini memiliki jumlah penduduk sekira 2.000 jiwa. Melansir DW, ratusan rumah di Hilgermissen hanya ditandai dengan angka. Untuk urusan surat menyurat, penduduk memberikan alamat pos berupa nomor pada rumah dan nama daerah mereka tinggal. Tahun lalu, badan permusyawaratan desa setempat meloloskan mosi untuk memperkenalkan nama jalan di Hilgermissen. Pihak yang menganjurkan pengenalan nama jalan antara lain perusahaan pos dan kurir serta turis, yang sering kesulitan menemukan tujuan karena nomor rumah pun tidak berurutan dan lokasinya bisa saling berjauhan.

“Ada beberapa nomor rumah yang terpisah sekira tiga kilometer,” kata Arne Röhrs, warga dan pendukung rencana nama jalan.

Menurut situs majalah Jerman Der Spiegel, badan permusyawaratan desa bahkan telah menugaskan tim dari Universitas Osnabrück untuk mempelajari masalah akses desa. Sayangnya, warga yang menolak proposal serupa pada 2013 lalu, membuat petisi menentang rencana baru dan mengumpulkan ratusan tanda tangan. Hingga diputuskan untuk mengadakan referendum beberapa waktu lalu.

Hasilnya, 60 persen dari 1.282 orang yang mengambil bagian dalam referendum tidak setuju dengan mosi pemberian nama jalan tersebut. Warga yang turut memberikan suara jumlahnya 69 persen. Hasil referendum mengikat setidaknya untuk dua tahun ke depan. ** Baca juga: Unik, Hotel di Belanda Berasal dari Gerbong Kereta Api Tua

Meskipun secara resmi hanya memiliki angka, beberapa jalan telah diberi julukan oleh penduduk, termasuk Bäckerweg (jalan tukang roti), nama populer yang digunakan di banyak kota di Jerman. (ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru