oleh

Selamat! Zac Terpilih untuk Tinggal di Mars

Kabar6-Zac Trolley (35), seorang pria asal Calgary, Kanada, terpilih untuk perjalanan satu arah ke planet Mars. Itu artinya, Zac tidak mungkin pulang ke Bumi, dan mau tak mau harus bertahan hidup di Mars.

Kini Zac berada di gurun Utah, Amerika Serikat, untuk menjalani pelatihan dan mempersiapkan hidup di Mars. Dilansir cbc.ca, pria itu akan menghabiskan dua minggu berikutnya di gurun Utah dengan lima orang lainnya. Dalam pelatihan tersebut, Zac akan hidup dalam kondisi terbatas dengan memakai setelan pakaian antariksa, serta harus mendaur ulang air limbah mereka sendiri untuk digunakan lagi.

“Saya telah mendengar cerita tentang orang-orang yang berada di sana selama satu atau dua hari, dan kemudian mengemasi tas mereka dan keluar dari perkemahan karena mereka tak tahan. Ini adalah salah satu tes di mana Anda benar-benar tahu apakah Anda bisa melakukannya atau tidak,” katanya.

Tinggal di lingkungan simulasi padang pasir Utah menjadi ujian pribadi bagi Zac, sekaligus memberikan informasi kepada para peneliti Mars. “Saya akan melakukan simulasi dengan lima orang lain yang belum pernah saya temui sebelumnya.

“Mereka akan mengunci pintu selama dua minggu sehingga kita akan melihat bagaimana keadaannya dan masalah apa yang muncul,” ujar Zac.

Banyak orang bertanya mengapa Zac ingin meninggalkan Bumi untuk tinggal di Mars. Dijelaskan, ini semua tentang mendorong batas-batas penjelajahan umat manusia.

“Pola pikir yang umum adalah bahwa Bumi dibangun untuk kehidupan manusia dan kita hidup dengan baik. Dan semua teknologi ini kita butuhkan untuk tinggal di Mars, jika gagal, kita semua mati. Hal yang sama berlaku untuk Calgary. Jika kita tidak memiliki teknologi di Calgary, kita tidak akan bertahan di musim dingin,” urainya. ** Baca juga: Super! Ilmuwan Irlandia Ubah Air Mata & Liur Jadi Aliran Listrik

Ditambahkan Zacm kita bisa menemukan sesuatu di sekitar sudut yang tidak terduga dan tidak akan tahu sampai kita mulai mencari tahu. Menarik juga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru