oleh

Selama Lockdown Kawanan Simpanse Berinteraksi Via Zoom Gara-gara Kebun Binatang di Ceko Sepi Pengunjung

Kabar6-Suasana kocak tampak diperlihatkan kawanan simpanse saat mereka ‘mengobrol’ melalui aplikasi telekonferensi Zoom. Hal tadi dilakukan untuk menghibur diri agar tidak bosan.

Panggilan video antara primata dari dua kebun binatang di Republik Ceko itu, melansir apnews, juga bertujuan untuk mengisi kegiatan mereka selama lockdown atau karantina wilayah. Ya, selama pandemi COVID-19 ini memang tak ada pengunjung yang datang.

Video call tersebut berlangsung sepanjang hari antara kelompok simpanse di Taman Safari Dvur Kralove dan kawanan lainnya di kebun binatang di Kota Brno, di mana keduanya terpisah hampir 160 km.

Awalnya, menurut penjaga kebun binatang, binatang itu merasa asing saat melihat gambar di layar besar. “Cukup sulit untuk bisa menghibur mereka, dan butuh waktu yang lama,” ujar Radek Hlavka, penjaga kebun binatang di Brno.

Namun kini para simpanse muda itu sudah mulai terbiasa, bahkan tampak bersemangat untuk bertemu satu sama lain secara virtual. Mereka menghabiskan waktu delapan jam sehari dalam panggilan video, dimulai dari saling melihat, mengamati dan menunjukkan gerakan penuh keakraban.

“Pada awalnya mereka mendekati layar dengan gerakan mengancam, minim interaksi. Namun kini mereka mulai aktif, seperti saat kita menonton acara olahraga, penuh kehebohan,” ungkap Gabriela Linhartova, petugas Taman Safari Dvur Kralove.

Panggilan video dengan durasi panjang itu ditayangkan di situs web taman safari setiap hari antara pukul 08.00-16.00 waktu setempat. ** Baca juga: Mukjizat, Jenazah Korban Tsunami di Jepang 10 Tahun Lalu Akhirnya Ditemukan

Disebutkan, para simpanse di sana akan terus menjalani metode tersebut hingga setidaknya akhir bulan ini, sebelum pemerintah memutuskan aturan pembatasan terbaru.

Kira-kira, apa yang ada dalam benak mereka saat melakukan Zoom, ya? (ilj/bbs)

Berita Terbaru