Selama 18 Tahun Jadi Sopir, Dipak Tidak Pernah Membunyikan Klakson

Dipak Das mendapat penghargaan karena selama 18 tahun tidak pernah membunyikan klakson.(Hindustantimes)

Kabar6-Dipak Das memang pantas diberi julukan sebagi sopir teladan. Bagaimana tidak, selama 18 tahun pria asal Kalkuta, India, ini tidak sekalipun membunyikan klakson kendaraannya. Karena itulah tidak heran jika Dipak mendapat penghargaan.

Diketahui, membunyikan klakson merupakan bagian saat berkendara di India. Ya, warga di negara itu, seperti dilansir Hindustantimes, seringkali menggunakan klakson sebagai alternatif lain, sama halnya seperti menggunakan kaca spion. Pengemudi membunyikan klakson sebagai tanda mereka akan melalui kendaraan lain, atau pengemudi lain terlalu berdekatan. Hal ini tentu saja menimbulkan polusi suara yang tak tertahankan, yang dianggap bisa mengganggu kesehatan masyarakat di India.

“Masyarakat perlu diedukasi akan buruknya polusi suara ini. Ini adalah masalah ketidaksabaran pengemudi,” kata seorang pengendara bernama Vijay Agaward.

Dipak sendiri telah lama bekerja sebagai sopir bagi banyak selebritas di India. Para selebritas itu menghargai usaha Dipak untuk mengurangi polusi suara. Organisasi Manush Mela atau Humanity Fair memverifikasi perilaku Dipak yang tidak biasa dalam mengemudi ini. Itu sebabnya mereka memberikan penghargaan Manush Sanman kepada Dipak Das atas usahanya yang menginspirasi.

“Aku pikir jika seorang penggemudi punya kebijakan tanpa klakson, ia akan menjadi lebih waspada dalam mengemudi,” kata Dipak.

Dipak selalu menjaga kebijakan tanpa klaksonnya, bahkan selama perjalanan jarak jauh, seperti dari Darjeeling atau Sikkim. Ia berharap suatu hari Kalkuta akan menjadi sebuah ‘kota tanpa klakson’. ** Baca juga: Waduh! Pria Kanada Ini Harus Bayar Ongkos Taksi Rp258 Juta untuk Jarak 8 Km

Semoga.(ilj/bbs)