oleh

Selain Susu, Ada 5 Makanan yang Bantu Perkuat Tulang

Kabar6-Gangguan tulang merupakan salah satu keluhan yang seringkali menghambat aktivitas, terutama pada masa usia lanjut. Untuk mencegah hal itu, ada berbagai tips hidup sehat tulang kuat yang bisa Anda lakukan.

Kemungkinan wanita mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis lebih besar dibandingkan pria. Namun, ada beragam cara yang dinilai dapat mengurangi risiko osteoporosis, termasuk menerapkan pola makan mengandung nutrisi yang sesuai, diikuti olahraga yang rutin dan tepat.

Tidak hanya susu, melansir beberapa sumber, ada lima makanan yang juga bantu perkuat tulang. Apa sajakah makanan yang dimaksud?

1. Kacang Almond
Camilan kacang almond mengandung kalsium, magnesium, zinc dan zat besi. ** Baca juga: Begini Cara Olah Makanan yang Benar Agar Tidak Keracunan

2. Ikan teri
Dalam 100 gram ikan teri terdapat kandungan kalsium sebanyak 500-972 mg.

3. Telur
Telur bisa dijadikan sumber protein hewani pengganti ayam ataupun daging sapi. Selain itu, telur juga makanan yang baik untuk penguat tulang. Dalam satu butir telur terdapat kandungan yang bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang yaitu vitamin D, bisa membantu penyerapan kalsium lebih maksimal, serta mengandung asam amino.

4. Edamame
Makanan pendamping yang biasanya tersedia di restoran Jepang ini juga punya bagus untuk tulang. Selain tinggi kalsium, edamame juga bekhasiat untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan imunitas tubuh, hingga mencegah kanker.

5. Ikan salmon
Selain mengandung omega 3, salmon juga baik untuk bantu perkuat tulang dan gigi.

Tambahkan kelima makanan tadi dalam menu harian atau camilan Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru