oleh

Selain Susu, 5 Makanan Ini Ternyata Mengandung Banyak Kalsium

Kabar6-Kalsium adalah mineral penting yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang serta gigi. Termasuk untuk menjalankan fungsi otot serta sekresi hormonal

Di sisi lain, kalsium selalu dikaitkan dengan susu. Padahal, susu ternyata bukanlah satu-satunya sumber kalsium. Apabila Anda bosan atau memang kurang suka susu, melansir cheatsheet, ada beberapa jenis makanan lain yang juga mengandung banyak kalsium. Apa sajakah itu?

1. Kale
Merupakan sayuran yang mengandung banyak vitamin, serat, dan antioksidan. Satu cup kale mengandung lebih dari 94 mg kalsium atau sekira 10 persen dari kebutuhan harian kalsium orang dewasa.

Mengonsumsi makanan tinggi kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, juga dapat menurunkan risiko terjadinya osteoporosis.

2. Buah Ara
Buah ara memang tidak tersedia sepanjang tahun, tapi buah ini ternyata mengandung banyak serat dan prebiotik, yang dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, sehingga dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Selain itu, buah ara juga memiliki manfaat lain yang lebih penting yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang, terutama bila Anda sering mengonsumsi makanan tinggi natrium (garam). Karena mengonsumsi makanan asin dapat meningkatkan pengeluaran kalsium melalui air kemih.

3. Ikan sarden
Ikan ini ternyata mengandung cukup banyak protein, asam lemak omega 3, dan kalsium. Untuk setiap 240 gram ikan sarden, Anda dapat memenuhi sekira 10-23 persen kalsium harian, tergantung pada dari mana ikan sarden tersebut berasal.

4. Chia seeds
Selain mengandung banyak antioksidan, asam lemak sehat, kalium, dan protein, chia seed juga mengandung banyak kalsium, yaitu sekira enam kali lipat lebih banyak daripada susu.

5. Edamame
Selain mengandung serat dan semua jenis asam amino esensial, edamame juga mengandung banyak protein dan kalsium. Satu cup edamame mengandung sekira 33 persen dari kebutuhan kalsium harian Anda. ** Baca juga: ‘Menebus’ Waktu Tidur yang Kurang Tidak Disarankan?

Kelima makanan tadi dapat menjadi alternatif sumber kalsium bagi Anda yang kurang suka susu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru