oleh

Selain Seribu Jamban, OASE Kabinet Kerja Juga Beri Bantuan Fasilitas ini

Kabar6-Pembangunan jamban di Kota Serang, Banten bekerjasama dengan berbagai institusi, seperti TNI, Polri, Pemprov Banten, PKK hingga sejumlah kementrian. Pembangunannya di targetkan selesai di tahun 2020 ini.

Selain memberikan bantuan seribu jamban bagi warga Ibu Kota Banten, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) juga memberikan bantuan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

“Walaupun airnya masih payau karena memang dekat dengan laut. Dan dibangun juga IPAL yang sekarang memang masih mahal, tapi mungkin kedepan kami akan cari dengan BPPT dan ITB seperti apa IPAL yang lebih murah,” kata Devi Luhur Binsar Panjaitan, istri dari Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, ditemui dilokasi acara, Senin (24/02/2020).

Bantuan seribu jamban dan IPAL diberikan kepada tiga Kecamatan di Kota Serang, yakni Kasemen, Taktakan dan Cipocok. Kemudian pembangunan sumur artesi sedalam 60 meter juga diberikan oleh Oase-KK hasil kerjasama dengan Kementrian ESDM.

Oleh karenanya, Oase Kabinet Indonesia Maju mengajak masyarakat untuk mengubah kebiasaan hidupnya untuk menuju pola hidup yang lebih sehat.

“Ibu tidak perlu khawatir karena tujug Kementerian sudah membantu pelaksanaan 1000 jamban ini. Diantaranya Kemenko Marves, BUMN, KLHK, PUPR, ESDM, Kemenkes dan Kemensos. Tetapi kami berfikir kalau alat modern hanya diberikan demikian tidak akan dipakai malah dipakai gudang. Jadi sudah disosialisasikan oleh Kemenkes untuk menyampaikan apa sebetulnya gunanya jamban itu diberikan yakni untuk menambah kesejahteraan hidup mereka,” tegasnya.

**Baca juga: Bersama OASE-KK, Iriana Jokowi Sumbang Seribu Jamban di Kota Serang.

Perwakilan masyarakat Kampung Kenari Halimatus Sa’diah mengaku bersyukur dengan adanya bantuan jamban, sumur artesis dan IPAL ini karena merupakan perubahan kepribadian. Wujud untuk berprilaku bersih dan sehat, karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

“Kami berterimakasih dan tidak bisa membalas apa-apa, kami hanya bisa berdoa semoga apa yang diniatkan dan dilaksanakan dalam program ini berjalan lancar menuju Indonesia maju. Kami mengucapkan banyak terimakasih atau kunjungan dan bantuannya semoga dapat digunakan sebaik-baiknya,” ujar Halimah. (Dhi)

Berita Terbaru