Selain Mengantuk, Ini 5 Tanda yang Tunjukkan Anda Butuh Tidur

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selama ini yang kita ketahui, mengantuk adalah tanda utama bahwa Anda kurang tidur. Namun tahukah Anda, ternyata ada beberapa tanda kurang tidur yang tidak datang bersamaan dengan rasa kantuk?

Shelby Freedman Harris, pakar tidur dan direktur kedokteran perilaku tidur di Montefiore Medical Center di New York, seperti dilansir nationalgeographic, mengatakan bahwa ada lima tanda yang mungkin selama ini tidak disadari dan menunjukkan bahwa Anda harus segera beristirahat. Tanda apa sajakah yang dimaksud?

1. Bisa tidur secara tiba-tiba
Banyak orang masih berpikir dapat tidur secara tiba-tiba merupakan hal yang baik. Padahal sebaliknya, hal itu adalah tanda-tanda Anda kurang tidur.

Jika secara rutin dapat tidur dalam jangka waktu lima menit setelah berbaring, maka mungkin Anda mengalami kekurangan tidur, bahkan gangguan tidur.

2. Lebih impulsif dari biasanya
Bila tidak bisa mengontrol diri untuk menolak makanan yang biasanya tidak menarik perhatian, hal ini bisa menjadi tanda bahwa Anda kurang tidur.

Ya, kurang tidur akan membuat area di otak yang mengatur kontrol impuls, asosiasi visual, dan perhatian akan terganggu. Inilah yang membuat orang yang kurang tidur sulit untuk mengontrol impuls.

3. Mudah lupa
Tidur dibutuhkan untuk membentuk memori, sehingga kurang tidur dapat berakibat pada kesulitan untuk mengingat sesuatu. Kurang tidur juga membuat Anda sulit untuk bersikap rasional dan berhati-hati.

4. Lebih mudah lapar
Kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan dengan memengaruhi dua hormon dalam tubuh, yaitu leptin dan ghrelin.

Lepton merupakan hormon yang mengatakan kepada tubuh untuk berhenti makan. Sebaliknya, ghrelin merupakan hormon yang memerintahkan tubuh untuk terus makan. Saat kurang tidur, kadar hormon ghrelin lebih tinggi daripada leptin sehingga tubuh pun lebih mudah lapar.

5. Sulit fokus
Bila sulit berkonsentrasi ketika menyetir atau sekadar berjalan, mungkin Anda kurang tidur. Pasalnya, kurang tidur membuat kesadaran Anda menurun dan sulit untuk fokus terhadap tugas. Bila sudah mulai mengalaminya, artinya Anda pun harus menambah wakut tidur. ** Baca juga: Hormon yang Pengaruhi Ukuran Jari Anda

Apakah Anda pernah mengalami salah satu dari kelima hal di atas? (ilj/bbs)