oleh

Selain Jaga Kesehatan, Calhaj Juga Harus Jaga Nama Banten

Kabar6-Menunaikan ibadah haji ke tanah suci merupakan kewajiban bagi umat Islam yang mampu. Dan, ibadah ini sekaligus menjadi penyempurna dari rukun Islam.

Namun, berhaji kiranya tidak semata-mata ritual keagamaan semata bagi yang mampu saja, melainkan ibadah yang satu ini juga membutuhkan kondisi fisik yang prima.

“Ibadah satu ini tidak hanya diisi dengan doa, Shalat ataupun I’tikaf saja, melainkan juga kegiatan fisik yang sangat ekstra, mulai dari tawaf, sa’i hingga melempar jumroh,” ujar Anggota DPD RI asal Banten H. Andika Hazrumy, Selasa ( 10/09).

Menurut Andika, kesehatan prima bagi para Calhaj sangatlah diperlukan dalam menjalankan ibadah ini. Makanya, semenjak dini pemerintah mensyaratkan pemeriksaan kesehatan dan faksinasi bagi Calhaj.

“Saya tekankan bagi mereka yang sudah mendapatkan panggilan dari Allah untuk berhaji, harus pandai dan bisa menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah Haji,” terangnya lagi.

Menurut Andika, perbedaan iklim cuaca antara Indonesia dengan Arab Saudi sangat terasa. Mulai dari panasnya hingga musim dingin yang kerap melanda Arab Saudi. “Jadi kalau perlu, bawalah obat-obatan yang di syarankan oleh doketer,” ujar Caleg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Lebak dan Pandeglang itu lagi.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah, lanjut Andika, bahwa jemaah haji asal Banten juga harus tahu diri. Sebagai tamu di negara orang, tentunya calhaj harus mengedepankan etika.

“Jemaah Haji juga punya andil dalam membawa nama baik Banten selama berada berada di Arab Saudi. Jangan lakukan kegiatan yang di luar ketentuan apalagi tindakan kriminal,” ucapnya.

Sebagai masyarakat Banten, para Calhaj juga berkesempatan untuk mempromosikan Banten di mata Internasional. “Bila memungkinkan, sambil berhaji jemaah bisa mempromosikan Banten,” harapnya.

Seperti diketahui, sebanyak 450 Calhaj asal Tangsel rencananya besok, Rabu (11/9/2013) akan diberangkatkan.

Pelepasan jemaah akan dilakukan langsung oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Gubernur Banten Hj. Ratu Atut Chosiah di lapangan Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kota Tangsel.(rani)

Berita Terbaru