oleh

Selain Jadi Langsing, Ada 5 Manfaat Lain Berdiet

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Demi memiliki bentuk tubuh ideal, tidak sedikit wanita yang rela melakukan diet ketat. Tentu saja karena diet merupakan salah satu cara ampuh memangkas lemak tubuh.

Ternyata, tidak hanya menurunkan berat badan, diet pun memiliki manfaat yang tak terduga lho. Dikutip Ledisia, ini lima manfaat lain berdiet:

1. Sistem pencernaan lebih sehat
Diet adalah cara kita mengatur pola makan, karena tak jarang pola makan Anda selama ini tidak teratur alias sembarangan yang mengakibatkan kegemukan, sehingga memicu penyakit. Diet membatasi porsi makan, mengatur jam makan, dan memilih asupan yang sesuai dengan tubuh.

Dengan menjalankan program diet yang sesuai, Anda bisa membantu lambung dan sistem pencernaan bekerja dengan lebih efisien. Efek menjalankan diet yang benar adalah tidak merasa lapar serta asam lambung tidak diproduksi terlalu banyak, sehingga perut tidak akan sakit dan Anda tidak akan merasa tersiksa.

2. Terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang bisa menyerang pencernaan
Salah satu tujuan diet adalah menciptakan keseimbangan antara diri dengan lingkungan. Menjaga gaya hidup sehat menjadi sebuah solusi untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya yang mungkin bisa menyerang jika kita tak selektif terhadap asupan makanan yang dikonsumsi.

Diet pada dasarnya menghindari kita mengkonsumsi daging dan lemak, lalu menggantinya dengan memperbanyak sayuran dan buah. Kebiasaan ini dapat mencegah sel kanker berkembang pada organ-organ pencernaan kita. Memilih sayuran dan buah yang organik juga lebih baik untuk kesehatan.

3. Mengatur pola istirahat untuk mendapatkan tidur yang berkualitas
Mengganti pola makan diet yang lebih mengutamakan sayur, buah dan protein, membuat Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang efektif. Dengan begitu, hidup kita bisa lebih sehat dan menjalankan aktivitas dengan lebih baik lagi.

4. Jadi Tambah Cerdas
Saat melaksanakan diet, Anda memang harus mengurangi konsumsi daging maupun makanan yang digoreng. Solusinya, beberapa ahli gizi menyarankan Anda untuk mengonsumsi ikan.

Salmon, sarden dan tuna adalah jenis ikan yang mengandung Omega 3, bermanfaat membantu menghubungkan sel-sel otak, yang diketahui tersusun dari lemak sekira 60 persen.

Lemak yang mampu meningkatkan fungsi otak adalah yang mengandung Omega 3 seperti terkandung pada ikan-ikan tadi. Tak hanya dapat sehat, Anda pun bisa tambah pintar dengan berdiet, bukan?

5. Lebih disiplin & menciptakan kebiasaan hidup sehat
Tidak hanya mengatur pola makan, diet pun harus diimbangi dengan olahraga. Kebiasaan ini menjadikan Anda lebih disiplin dan menjalankan pola hidup sehat. ** Baca juga: Beda Kondisi, Ada Penyebab Diare Selain infeksi

Sebelum menjalankan program diet, jangan lupa berkonsultasi dulu dengan ahli, agar hasilnya menjadi lebih maksimal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru