oleh

Selain Istirahatkan Tubuh, Tidur Juga Bisa Bakar Lemak

Kabar6-Ternyata jika ingin menurunkan berat badan, tidak melulu harus melakukan diet ketat dan olahraga. Karena tanpa diduga, tubuh bisa membakar lemak bahkan saat Anda tidur, lho.

Benarkah demikian? Melansir timesofindia, sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, orang yang mendapatkan tidur nyenyak memiliki pengeluaran energi saat istirahat lebih dari mereka yang tidak tidur dengan benar. Tidur yang baik membantu membakar kalori. Fungsi normal tubuh berlanjut bahkan ketika kita tidur. Fungsi tubuh ini membutuhkan energi yang membakar kalori.

Orang-orang yang tidur dengan benar juga membakar 20 persen lebih banyak kalori setelah makan dibandingkan mereka yang kurang tidur. Bahkan, jika seorang makan dengan jumlah kalori tepat yang direkomendasikan oleh ahli gizi, Anda tidak akan menurunkan lemak sebanyak orang yang tidur lebih baik.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Chicago meminta dua kelompok orang untuk mengonsumsi jumlah kalori yang sama. Tetapi satu kelompok tidur selama delapan setengah jam sementara yang lain hanya tidur selama lima setengah jam. ** Baca juga: Penelitian: di Usia Senja, Kemampuan Otak Wanita Lebih Baik Dibanding Pria

Hasilnya, kelompok yang tidur berjam-jam kehilangan lebih banyak berat badan pada akhir bulan dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur. Penasaran mencoba? (ilj/bbs)

Berita Terbaru