oleh

Selain Haid, Ada 6 Hal Lain yang Bisa Bikin Mood Wanita Berubah

Iustrasi/bbs
Iustrasi/bbs

Kabar6-Perubahan suasana hati yang terkadang drastis tentu pernah dialami setiap wanita. Perubahan mood ini bisa terjadi pada beberapa tahap tertentu.

Perubahan fisiologis, dilansir laman Bold Sky, dialami banyak wanita selama tahap-tahap penting tertentu dalam hidup mereka. Perubahan fisik juga dapat mengubah kimia otak dan bisa menjadi alasan mengapa wanita cenderung mengalami perubahan suasana hati.

Kondisi emosional dapat berubah dari tingkat tertinggi ke terendah dengan sangat cepat. Selain datang bulan, apa saja yang membuat mood seorang wanita berubah? Dikutip Dreamers, berikut uraiannya:

1. Masa remaja
Saat wanita memasuki masa remaja, banyak perubahan yang terjadi. Selama fase itu, wanita mengalami perubahan fisik dan fisiologis yang memengaruhi perubahan mood.

2. Kehamilan
Selama masa kehamilan, tingkat estrogen meningkat dengan cepat, dan itulah alasan mengapa wanita cenderung mengalami perubahan mood yang drastis saat hamil.

3. Menopause
Ketika wanita mengalami menopause, mereka mungkin akan mengalami perubahan mood. Alasannya, karena ada perubahan hormonal yang terjadi selama fase tersebut. Kebalikan dari fase kehamilan, pada fase menopause ini hormon estorgen justru berkurang, namun perubahan tersebut tetap berpengaruh ke suasana hati.

4. Stres
Kondisi ini juga bisa memengaruhi perubahan mood pada wanita. Tingkat stres dan kecemasan yang tinggi bisa berdampak pada kondisi mental dan fisik pada seseorang.

5. Obat
Mengkonsumsi obatan-obatan terkadang bisa menjadi alasan di balik terjadinya perubahan mood. Beberapa obat memang bisa mengganggu zat kimia pada otak. ** Baca juga: Ini Dia Manfaat Makan Langsung Pakai Tangan

6. Kurang tidur
Kurang tidur yang disebabkan insomnia juga bisa menjadi penyebab perubahan suasana hati. Setiap wanita memiliki tahap dalam hidupnya di mana mereka akan kekurangan tidur. Dan saat itulah mereka akan menghadapai perubahan mood yang drastis.

Dengan mengetahui enam penyebab di atas, Anda pun dapat mengantisipasi perubahan mood, sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari (ilj/bbs)

Berita Terbaru