oleh

Sejumlah Negara dengan Aturan Mengemudi Paling Nyeleneh

Kabar6-Selain kelengkapan surat atau administrasi seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan STNK, Anda juga harus memakai sabuk pengaman saat menyetir mobil, mengikuti petunjuk rambu-rambu lalu lintas, dan menyalakan lampu saat malam.

Meskipun sejumlah peraturan tersebut sudah umum diberlakukan banyak negara, ternyata beberapa negara memiliki aturan mengemudi tak biasa alias nyeleneh yang mungkin belum pernah Anda dengar. Melansir berbagai sumber, ini dia lima negera dengan peraturan mengemudi yang nyeleneh:

1. Republik Kroasia
Di Kroasia ada aturan wajib yang melarang Anda untuk mengisi bahan bakar hingga penuh/full. Alasannya demi keselamatan Anda selama di perjalanan. Ya, bukan tidak mungkin bensin yang tumpah dan menetes di sekitar tangki bisa menyebabkan kecelakaan. Tidak hanya itu, polisi lalu lintas Kroasia juga mewajibkan seluruh pengemudi mobil untuk menyediakan satu set lampu cadangan.

2. Jerman
Berbanding terbalik dengan Krosia, Para pemilik mobil di Jerman wajib mengisi bahan bakar cukup atau full selama dalam perjalanan. Dan bila ada mobil yang berhenti di jalanan karena kehabisan bensin, polisi lalu lintas di Jerman akan memberikan surat tilang kepada pengemudinya.

3. Jepang
Pengendara mobil yang melewati jalan berair, becek dan berlumpur, dilarang keras sengaja atau tidak sengaja menyipratkan/ mengotori para pejalan kaki yang sedang berada di trotoar atau di pinggir jalanan. Perbuatan tersebut termasuk dalam tindakan pidana ringan yang dianggap merugikan orang lain.

Dan jika kartu SIM Anda memakai kacamata, maka saat mengendarai mobil atau motor Anda juga harus memakai kacamata. Bila kedapatan melepas kacamata bisa ditilang.

4. Amerika Serikat
Bila Anda adalag seorang penjaga kebun binatang di dua wilayah di Amerika, Minnesota dan Kentucky, maka diperbolehkan mengajak gorila jalan-jalan, asalkan hewan tadi duduk di kursi samping sopir.

Sementara di Kentucky, Anda diperbolehkan mengajak seluruh anggota keluarga yang berjenis kelamin wanita untuk jalan-jalan hanya memakai bikini. Syaratnya, harus dilengkapi alat perlindungan diri jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Spanyol
Sebuah kacamata cadangan harus diletakkan di atas dashboard. Saat polisi lintas tidak sengaja melihat dashboard mobil tanpa kacamata cadangan, makan Anda akan mendapat surat tilang. Ya, kacamata cadangan disedikan untuk berjaga-jaga jika kacamata utama tersebut tak sengaja rusak. ** Baca juga: Graphene, ‘Material Ajaib’ yang Lebih Kuat 200 Kali dari Baja

Nyeleneh, khan?(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru