Sejumlah Manfaat yang Didapat Bila Konsumsi Buah Tiap Hari

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Apakah Anda termasuk orang yang gemar mengonsumsi buah-buahan? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang makan buah setiap hari akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke hingga 40 persen.

Dalam penelitian tersebut, seperti dilansir Webmd, ditemukan bahwa seseorang yang makan lebih banyak buah, semakin menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular dan tekanan darah yang menurun. Penelitian ini dilakukan pada 451.682 orang yang terdaftar dalam penelitian kesehatan di Tiongkok, dan dipresentasikan pada kongres European Society of Cardiology di Barcelona.

Para peserta yang ikut dalam penellitian tersebut berasal dari beberapa daerah pedesaan dan perkotaan yang berbeda, dan tidak satu pun dari mereka memiliki riwayat penyakit jantung.

Jumlah buah yang mereka makan dibagi dalam lima kategori yaitu tidak pernah, setiap bulan, 1-3 hari per minggu, 4-6 hari per minggu, dan setiap hari.

Sekira 18 persen dari jumlah peserta makan buah setiap hari, dan 6,3 persen tidak pernah makan buah. Jumlah rata-rata buah yang dimakan oleh orang-orang tersebut setiap hari sekira 1,5 porsi. Selama tujuh tahun, ditemukan ada 19.300 kasus penyakit jantung dan 19.689 kasus stroke.

Para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang makan buah lebih sering memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Bahkan mereka menemukan bahwa dibandingkan dengan orang yang tidak pernah makan buah, mereka yang makan buah setiap hari mengurangi risiko penyakit kardiovaskular antara 25 persen dan 40 persen. Rincian penurunan risiko yaitu:

1. Sekira 15 persen penurunan risiko penyakit jantung
2. Sekira 25 persen penurunan risiko stroke iskemik (kerusakan yang terjadi disebabkan karena adanya penyempitan pembuluh darah di otak)
3. Sekira 40 persen penurunan risiko stroke hemoragik (kerusakan yang terjadi disebabkan oleh perdarahan dari pembuluh darah). ** Baca juga: Saat Diare Anda Diperbolehkan Konsumsi Makanan Ini

Dikatakan para peneliti yang diterbitkan dalam jurnal European Heart, semakin banyak buah yang dimakan, semakin rendah risiko penyakit kardiovaskular.(ilj/bbs)