oleh

Sejumlah Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

Kabar6-Sahur adalah makan pada dini hari, disunahkan menjelang fajar sebelum subuh, bagi kaum muslim yang akan menjalankan ibadah puasa, biasanya sekira pukul 03.00 WIB.

Sebagian orang sahur dengan menu lengkap, sementara lainnya makan tidak sebanyak seperti saat buka puasa. Agar tetap sehat selama puasa Ramadan, melansir beberapa sumber, ada sejumlah jenis makanan atau minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur. Apa sajakah itu

1. Kafein seperti teh dan kopi
Alasannya karena kafein bersifat diuretik dan laksatif, sehingga meningkatkan frekuensi ke toilet untuk buang air kecil ataupun buang air besar (BAB). Sifat tersebut bisa menstimulasi kerja usus besar dan mempercepat proses pembuangan sisa pencernaan dalam tubuh.

Kafein juga memicu naiknya asam lambung, sehingga Anda rentan mengalami nyeri ulu hati, sakit perut, dan gejala fisik lain. ** Baca juga: Tidak Hanya Menjalankan Ibadah, Ada 6 Manfaat Berpuasa

2. Makanan asin karena berpotensi menyebabkan hipertensi
Makanan asin juga bisa menstimulasi rasa haus, sehingga meningkatkan risiko dehidrasi saat puasa. Makanan asin yang dimaksud seperti acar, kacang yang diasinkan, kuaci, dan makanan kaleng. Hindari terlalu banyak konsumsi makanan pedas dan berlemak tinggi saat sahur.

3. Karbohidrat sederhana, cepat dicerna tubuh dan membuat Anda mudah lapar
Makanan sumber karbohidrat sederhana antara lain gula pasir, permen, kue, soft drink, serta susu dan produk olahannya. Anda bisa saja mengonsumsi makanan sumber karbohidrat sederhana saat sahur, asalkan diimbangi dengan konsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks.

Memilih jenis makanan yang tepat saat sahur membuat Anda tetap sehat selama berpuasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru