oleh

Sejumlah Makanan yang Kuatkan Sistem Imun Saat Suplemen Vitamin C Langka

Kabar6-Selain masker dan hand sanitizer, saat ini vitamin C menjadi salah satu barang yang banyak diincar masyarakat selama pandemi COVID-19. Ya, vitamin C memang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurut Direktur Divisi Penyakit Menular di Universitas Alabama, AS, bernama Jeanne Marrazzo, seseorang yang memiliki daya tahan tubuh rendah sangat rentan terinfeksi COVID-19.

Lantas, bagaimana apabila vitamin C susah ditemukan di pasaran? Cara terbaik adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Seorang ahli diet bernama Julia Zumpano, RD, LD, melansir clevelandclinic, mengatakan bahwa ada beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin C. Apa sajakah itu?

1. Jeruk
Buah jeruk memang terkenal dengan kandungan vitamin C yang dimilikinya. Jeruk berukuran sedang saja biasanya memiliki sekira 70 miligram vitamin C yang mencukupi asupan harian.

2. Stroberi
Secangkir stroberi setidaknya mengandung sekira 85 miligram vitamin C. Buah ini juga rendah kalori dan tinggi serat serta berbagai antioksidan.

3. Paprika
Paprika merah mengandung banyak vitamin C hingga 95 miligram per ½ gelas. Paprika merah juga merupakan sumber vitamin A, B, E, dan K yang baik, serta potasium, folat, mangan, fosfor, dan magnesium.

4. Bayam
Dalam 100 gram bayam terkandung vitamin C sebanyak 76,7 miligram. Ini tentu sudah mencukupi asupan harian vitamin C yang dianjurkan sebanyak 70-90 milligram.

5. Kangkung
Kandungan vitamin C dalam kankung terbilang cukup tinggi. Dalam secangkir (kira-kira 56 gram) kangkung bisa memenuhi 51 persen kebutuhan vitamin C harian.

6. Brokoli
Satu setengah cangkir brokoli yang sudah dimasak mengandung sekira 50 miligram vitamin C. Brokoli juga mengandung banyak serat dan banyak antioksidan lain yang salah satunya mencegah radang.

7. Kiwi
Buah-buahan berbulu halus ini mengandung sekira 70 miligram vitamin C per ons, lebih banyak dari jeruk. Kiwi memiliki serat serta flavonoid dan karotenoid, yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh.

8. Blewah
Buah sejenis melon ini memiliki berbagai macam nutrisi seperti karoten, vitamin B, potasium, magnesium, tembaga, dan flavonoid. Selain itu, setengah cangkir blewah mengandung 30 miligram vitamin C.

9. Tomat
Tomat sedang yang belum dimasak mengandung sekira 20 miligram vitamin C. Kadar vitamin C turun ketika tomat sudah dimasak. Namun antioksidan yang disebut likopen, nutrisi yang mencegah penyakit berbahaya meningkat.

10. Kentang
Kentang panggang berukuran sedang mengandung sekira 20 miligram vitamin C. Kentang adalah sumber kalium dan serat yang sangat baik. Cobalah dipanggang dalam oven dengan minyak zaitun.

11. Pepaya
Secangkir pepaya mengandung semua vitamin C yang manusia butuhkan dalam sehari, sekira 90 miligram. Pepaya juga kaya akan karoten, flavonoid, vitamin B, folat, kalium, magnesium, dan serat.

12. Jambu biji
Jambu biji sebagai buah yang mengandung vitamin C memang tidak sepopuler jeruk. Padahal kandungan vitamin C yang terdapat pada jambu biji lebih tinggi bila dibandingkan dengan jeruk. ** Baca juga: Apa Saja Makanan Sumber Lemak Sehat dan Bernutrisi?

Setiap 100 gram jambu biji terdapat 183 mg Vitamin C. Kandungan Vitamin C pada kulit buah jambu biji lebih tinggi bila dibandingkan dengan daging buahnya. Jadi saat Anda memakan buah ini sebaiknya makan dengan kulitnya.

Vitamin C ini memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.(ilj/bbs)

Berita Terbaru