oleh

Sejumlah Foto yang Sebenarnya Terlarang untuk Diabadikan di Korea Utara

Kabar6-Sudah menjadi rahasia umum, sejumlah peraturan yang berlaku di Korea Utara (Korut) dinilai banyak yang tidak masuk akal, bahkan cenderung nyeleneh. Peraturan tak biasa itu juga termasuk untuk seni fotografi dan jurnalistik.

Ya, pemerintah Korut sangat mengatur tindak tanduk pers atau wisatawan, lokal serta internasional (turis). Ada banyak aturan yang diterapkan dengan tujuan agar masyarakat Korut tetap berada di bawah kendali, serta menghindari munculnya kritik bagi pemerintah.

Ada sejumlah foto yang sebenarnya dilarang untuk diambil, tetapi secara tak sengaja tersebar ke ranah publik. Melansir Keepome, ini 10 foto yang dimaksud:

1. Listri mati
Saat berkunjung ke rumah penduduk, mungkin turis akan memotret anak-anak yang sedang menggunakan komputer. Itu artinya, dunia akan tahu bahwa tiap anak memilki perangkat canggih tersebut di rumahnya.

Namun apabila Anda memotret momen yang terkesan menunjukkan situasi sesungguhnya yaitu tidak ada listrik, mereka akan menyuruh Anda menghapus foto itu.

2. Tentara sedang santai
Dilarang memotret tentara yang sedang bersantai atau beristirahat, karena akan merusak citra tentara Korea Utara yang senantiasa siap siaga dalam segala situasi.

3. Malnutrisi
Korea Utara melarang keras siapa pun memotret orang-orang yang secara fisik tampak mengalami malnutrisi, agar tidak ada pihak yang dikambinghitamkan sebagai penyebab penderitaan penduduk.

4. Keramaian para tentara
Saat menonton pertunjukan atau berada di tempat-tempat ramai, Anda diizinkan memotret berbagai objek, kecuali menyorot kerumunan tentara yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan jumlah pengunjung dalam memeriahkan acara.

5. Anak-anak pekerja
Korea Utara melarang keras foto anak-anak yang dilibatkan dalam kegiatan bercocok tanam.

6. Rapi, bersih, dan terawat
Korea Utara juga melarang mengambil foto penduduk yang tampak lusuh dan kotor.

7. Takut naik eskalator
Pionners Camp of Wonsan adalah fasilitas umum yang sering dikunjungi para wisatawan mancanegara. Nah, sebuah foto menunjukkan kondisi yang kontras.

Anak-anak dalam foto itu datang dari desa dan tampak ragu menggunakan eskalator karena belum pernah melihatnya sebelumnya. Foto semacam ini juga dilarang di Korea Utara.

8. Terowongan perlindungan serangan bom
Penduduk sekitar terowongan meminta fotografer untuk segera menghapus foto yang baru diambil, karena terowongan yang ada di foto stasiun kereta bawah tanah Pyongyang ini difungsikan juga sebagai tempat perlindungan dari serangan bom atau nuklir.

9. Bantuan negara asing
Foto semacam ini sangat dilarang di Korea Utara, memotret objek-objek bantuan dari negara asing, atau bahkan organisasi pangan dunia, karena negara menganggap bantuan tersebut adalah utang perang.

10. Ketimpangan sosial
Foto-foto yang menampilkan imej kesenjangan sosial juga dilarang di Korea Utara. Misalnya, menunjukkan perbandingan yang cukup signifikan antara Korut dan Tiongkok, dengan pembangunan yang jauh berbeda. ** Baca juga: Pasutri Asal Tiongkok Didenda Rp1,5 Miliar Karena Punya Anak Tujuh

Tampaknya, pemerintah Korut sangat khawatir dengan persepsi dunia, jadi mereka membatasi segala macam produk jurnalistik yang mengakibatkan kesan buruk bagi negaranya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru