oleh

Sejarawan: Acara Lebaran Betawi Mesti Terus Digelar

Kabar6-Antusiasme masyarakat di Kota Tangerang Selatan terhadap pagelaran acara Lebaran Betawi dan Festival Budaya sangat antusias. Pengunjung silih berganti berfoto ataupun selfie di depan replika patung ondel-ondel yang menjadi ciri khas etnis Betawi.

 

Bahkan tak sedikit di antara warga bergaya narsis ketika selfie. Ini menjadi acara yang mengungkit citarasa tradisi. Sejarawan JJ Rizal berpandangan, Lebaran Betawi tak lagi banyak disadari oleh masyarakat luas sekarang ini. Khususnya bagi mereka yang lahir dan besar dari kalangan keluarga Betawi.

 

“Pagelaran acara Lebaran Betawi sarat dengan harmoni budaya,” terangnya saat dihubungi kabar6.com, Sabtu (8/8/2015).

 

Oleh karena itu, tradisi ini perlu diperkenalkan oleh para generasi muda. ** Baca juga: Komisi I Segera Panggil Pengembang Apartemen Ayodhya

 

“Petasan dan kue keranjang yang khas Tiongkok, nastar, kastengel yang dari Belanda, serta ubi-ubian, doro dan ketan yang khas masyarakat agraris lokal,” terang Rizal.

 

Memasuki hari kedua, Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, turut menghadiri acara yang digelar di Jalan Raya Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren. Di hari kedua acara Lebaran Betawi, Airin datang dengan diarak menggunakan dokar.(yud/cep)

Berita Terbaru