oleh

Seiring Usia, Ini Perubahan yang Terjadi pada Mr P

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

abar6-Kemampuan seks pria menurun seiring bertambahnya usia. Produksi testosteron dalam tubuh pun menurun dan membuat pria perlu waktu lebih lama untuk merasa bergairah. Selain itu, pria juga butuh waktu untuk bisa ereksi dan mencapai orgasme saat bercinta.

Mr P pun mengalami perubahan signfikan. Apa saja perubahan yang terjadi? Dikutip dari Klinikseksologi, berikut uraiannya:

1. Penampilan
Ada dua perubahan besar penampilan Mr P ketika usia menua. Pertama, kepala Mr P secara bertahap akan kehilangan warna keunguannya. Hal itu terjadi karena menurunnya aliran darah ke Mr P. Perubahan kedua adalah secara perlahan, bulu-bulu di area Mr P rontok.

“Ketika testosteron menurun, penis secara bertahap kembali ke masa seperti sebelum puber, di mana sebagian besar pria penisnya menjadi tidak berambut,” ujar Irwin Goldstein, MD, direktur pengobatan seksual di Alvarado Hospital, San Diego.

2. Ukuran
Saat bertambah umur, pria pada umumnya juga akan mengalami kenaikan berat badan, yang bisa dilihat dari besarnya bentuk perut pria karena lemak yang menumpuk di sana. Penumpukan lemak di area perut bawah ini, mempengaruhi penampilan ukuran Mr P.

“Lemak perut membuat batang penis terlihat menjadi lebih pendek,” ujar Ira Sharlip, MD, profesor urologi di Universitas California, San Francisco, Amerika Serikat.

Ronald Tamler, MD, PhD, direktur Men’s Health Program di Mount Sinai Hospital, New York, menambahkan, selama ini dari pengalamannya menangani pasien pria dia juga melihat ada kegelisahan perubahan penampilan Mr P.

“Salah satu cara yang aku lakukan untuk memotivasi pasienku yang kelebihan berat badan adalah agar penis mereka terlihat beberapa inchi lebih panjang, mereka hanya perlu menurunkan berat badan,” katanya.

Perubahan ukuran Mr. Happy ini menurut Irwin Goldstein, sebenarnya tidak terlalu signifikan dan tidak disadari para pria. Hal itu karena hanya terjadi penurunan 1 inchi dari ukuran penis sebelumnya.

“Jika saat dia usia 30-an, panjang penisnya saat ereksi 6 inchi, maka ketika dia mencapai usia 60-an atau 70-an, ukurannya menjadi 5 sampai 5,5 inchi,” jelas Goldstein.

Ketika ukuran Mr P ini berubah, menurut Goldstein, ukuran testikel pria juga terkena dampaknya. Testikel menjadi mengecil ketika pria mencapai usia 40-an. “Testikel pria berusia 30-an, diameternya sekira 3 cm. Dan pria 60-an, diameternya menjadi hanya 2 cm,” ujarnya.

3. Sensitif
Menurut Goldstein, banyak penelitian menunjukkan bahwa Mr P menjadi kurang sensitif seiring berjalannya waktu. Ketika Mr P berkurang kemampuannya untuk merasakan stimulasi, maka pria akan kesulitan untuk bisa ereksi dan mendapatkan orgasme.

Ditambahkan Tobisa Kohler, MD, asisten profesor urologi di Southern Illinois University School of Medicine, penurunan sensitifitas Mr P ini terjadi pada pria mulai usia 25 tahun. ** Baca juga: 5 Mitos Tentang Rambut Kemaluan yang Belum Tentu Benar

Sensitifitas tersebut menurun tajam saat pria berusia 65 sampai 75 tahun. Meski demikian penurunan sensitiftas ini menurut Kohler, jarang disadari para pria.(ilj/bbs)

Berita Terbaru