oleh

Sehatkah Sarapan Roti Gandum Tiap Hari?

Kabar6-Dari sekian banyak pilihan, roti menjadi salah satu favorit sebagai menu sarapan. Selain praktis, roti juga cepat mengenyangkan. Lantas, bagaimana dengan nutrisi dalam roti?

Diketahui, ada berbagai jenis roti seperti roti gandum, roti putih atau roti tawar, roti pandan, dan lain-lain. Meski banyak pro dan kontra di balik apakah sehat memakan roti setiap hari, roti gandum memang sudah dikenal sebagai pilihan yang relatif lebih sehat.

Sama halnya dengan makanan lain, konsumsi roti gandum secara rutin pun memberi manfaat kesehatan untuk tubuh. Melansir 1health, penelitian telah menemukan bahwa roti gandum memiliki kemampuan untuk menghilangkan akumulasi kolesterol di arteri Anda. Ini dapat bermanfaat untuk meminimalkan terjadinya penyakit kardiovaskular.

Makan roti gandum dapat membantu meningkatkan produksi serotonin di otak. Peningkatan produksi serotonin ini dapat membantu mengurangi gejala depresi pada diri seseorang.

Roti gandum bisa dibilang sehat karena membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Kondisi ini membantu menahan rasa lapar dan keinginan untuk makan dan mengemil secara berlebihan, sehingga juga berdampak baik bagi Anda yang ingin mempertahankan atau mencapai berat badan ideal.

Roti gandum sehat dan aman untuk dikonsumsi, karena makanan ini kaya akan karbohidrat, yang merupakan nutrisi makro, digunakan oleh tubuh untuk meningkatkan energi guna beraktivitas setiap hari. Roti gandum juga disarankan untuk penderita diabetes. Hal ini karena kandungan serat dalam roti gandum dapat membantu mengendalikan lonjakan gula darah dalam tubuh.

Kandungan serat dalam roti gandum juga membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan menjaga usus besar Anda bebas dari bahan limbah dan racun.

Rutin mengonsumsinya juga membantu Anda mencegah sembelit. Hal lain karena kandungan vitamin B dan protein yang tinggi di dalam roti bahkan memberikan manfaat pula terhadap kesehatan kulit dan rambut. ** Baca juga: Ini Batas Aman Konsumsi Daging dalam Seminggu

Meskipun demikian, menu sarapan pun sebaiknya bervariasi, sehingga kebutuhan nutrisi Anda akan terpenuhi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru