oleh

Sehatkah ‘Balas Dendam’ Saat Buka Puasa?

Kabar6-Setelah berpuasa selama kurang lebih 13 jam, tidak sedikit orang yang ‘balas dendam’ saat buka puasa dengan makan dalam porsi yang banyak. Akibatnya, perut terasa sangat kenyang dan Anda jadi malas bergerak.

Apakah kebisaan itu diperbolehkan? Melansir DetikHealth, Balas dendam saat buka puasa dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak sekaligus ternyata tidak sehat, terlebih bila mengabaikan nutrisi yang terkandung pada makanan. Karena bisa jadi Anda kelebihan kalori sehingga berdampak kurang baik bagi tubuh seperti mengalami risiko obesitas maupun kolesterol tinggi. Apalagi bila hidangannya diolah dengan tidak tepat, misalnya digoreng atau menggunakan banyak mentega atau minyak.

Untuk meminimalisir risiko kesehatan yang muncul, Anda disarankan tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan, terutama makanan yang tinggi kolesterol seperti hidangan laut, gorengan, dan beberapa jenis daging. ** Baca juga: 4 Manfaat Tidur Malam Lebih Awal

Hal lain, perhatikan cara pengolahannya. Hindari menggunakan terlalu banyak minyak, margarin, ataupun mentega. Sebaliknya, makanan yang direbus, dikukus, atau dipanggang dengan sedikit minyak lebih direkomendasikan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru