oleh

Seharian PJU di Tangsel Ada yang Mati dan Menyala

Kabar6-Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah jalan dan pemukiman Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bermasalah. Pelayanan publik ini tengah menjadi sorotan akibat lampu mati dan terus menyala tak sesuai waktunya.

“Itu beberapa hari saya lihat lampu penerangan sepanjang jalan di Aria Putra dan Ciputat dibiarkan nyala terus,” kata pengamat kebijakan publik asal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kepada kabar6.com, Minggu (22/5/2022).

Menurutnya, kondisi ini menjadi sikap yang tidak bertanggungjawab. “Pasti pemborosan besar,” ujar Zaki.

Kemudian juga ada banyak titik ruang publik yang kondisi PJU mati. Meski malam hari dan masalah ini sudah lama terjadi.

Zaki jelaskan, semua pihak pasti menginginkan pemerintah daerah akuntabel. Pelayanan publik bisa lebih baik dibanding masa-masa sebelumnya.

Penerangan jalan, menurutnya, sangat vital bagi publik. Jika malam banyak lampu mati akan berdampak pada keselamatan pengguna jalan.

Sejak pandemi, memang banyak penerangan yang mati pada malam hari. Satu sisi penghematan biaya, tapi biaya sosialnya lebih tinggi.

**Baca juga: Pascalebaran 2022, Disdukcapil Tangsel: Tidak Ada Lonjakan Warga

Zaki mempertanyakan apakah selama ini tidak ada petugas yang monitoring. “Apalagi kita tahu uang listrik dibayar melalui pajak rakyat,” tegasnya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan kabar6.com masih coba mengkonfirmasi Kepala Bidang PJU Dinas Perhubungan Kota Tangsel, Ali Akbar. Namun ia belum merespon pesan singkat yang dikirim.(yud)