oleh

Segudang Manfaat Susu Kedelai

Kabar6-Susu kacang kedelai (sari kacang kedelai) adalah semacam minuman yang dibuat dari kacang kedelai, dan disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu.

 

Susu kacang kedelai lazim sebagai hidangan sarapan pagi bersama dengan penganan lainnya seperti youtiao. Memiliki komposisi yang mirip dengan susu yaitu 3,5 persen protein, 2 persen lemak, serta 2,9 persen karbohidrat.

 

Yuk intip segudang manfaat susu kedelai untuk kesehatan dan kecantikan.

 

1. Mengandung sebanyak 20 mg isoflavon yang mampu memperkuat kepadatan tulang dan gigi, sehingga mencegah terjadinya osteoporosis.

 

Kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai mempercepat proses penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah terjadinya pengapuran pada tulang.

 

2. Rutin mengkonsumsi susu kacang akan mencegah berkembangnya sel-sel kanker dalam tubuh. Kandungan protein, selenium dan molibdenum juga mampu menekan pertumbuhan sel kanker.

 

3. Kandungan asam amino glisin dan arginin dalam susu kedelai mampu menjaga hormon insulin dalam tubuh.

 

4. Kandungan lemak dalam susu kedelai sangat rendah, sehingga cocok untuk menjalani program diet. Selain itu, asam lemak baik yang terkandung dalam segelas susu kedelai juga berfungsi sebagai penghambat proses penyerapan lemak pada organ pencernaan, dan memberi efek kenyang lebih lama.

 

5. Melembabkan kulit yang kering dan kusam. Selain itu juga mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

 

6. Mampu menyamarkan flek hitam dan garis-garis halus pada kulit wajah yang menjadi tanda-tanda dari penuaan dini. Zat fitestrogen yang terkandung di dalamnya akan mendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon estrogen yang berfungsi mengurangi garis halus dan tanda penuaan dini lainnya.

 

Mengandung isoflavon yang berperan dalam proses pembentukan kolagen pada kulit, sehingga tampak elastis dan kencang.

 

7. Kandungan vitamin E dan B kompleks dalam susu kedelai mampu menyingkirkan sel kulit mati dan mempercepat pembentukan sel kulit baru, sehingga kulit terlihat cerah berseri.

 

Kandungan asam lemak esensial juga akan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dari matahari. ** Baca juga: Racun Dalam Tubuh Lenyap Dengan Ini

 

8. Susu kedelai mencegah pengeluaran hormon DHT yang menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Selain itu juga bisa melembutkan dan membuat rambut terlihat lebih indah.

 

Nah, masih ragu mengonsumsi susu kedelai? (ilj/bbs)

Berita Terbaru