oleh

Segitunya, Toilet Umum di Tiongkok Dijaga ‘Robot’ untuk Hindari Maling Tisu

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Lantaran sering terjadi pencurian tisu toilet, pemerintah Tiongkok sampai harus membuat teknologi baru berupa mesin pemindai wajah di toilet umum. Mesin tersebut sudah dipasang di objek wisata Temple of Heaven, yang berada di kawasan Dongcheng Qu, selatan Beijing, sejak akhir pekan kemarin. Demikian dilansir AFP.

Sebelumnya, mesin seharga Rp11,5 jutaan ini telah dioperasikan di Stadion Bird’s Nest pada Juni 2016. Dikutip dari CNN Indonesia, ide mengenai teknologi ini sudah diuji coba selama tiga tahun. Sebelum memindai wajah, pemerintah menerapkan teknologi memindai sidik jari sampai sensor gerakan.

Teknologi pemindai wajah dipilih, karena dirasa lebih masuk akal, sementara teknologi pemindai sidik jari masih bisa diakali dengan sepuluh jari. Mesin yang berada di dalam toilet umum Temple of Heaven akan berbunyi, “Selamat datang! Silakan berdiri di zona pemindai.”

Satu demi satu, pengunjung toilet harus berdiri di zona yang ditetapkan. Setelah sinar kuning dan biru selesai memindai wajah mereka, keluarlah lembaran tisu sepanjang 60 sentimeter yang bisa digunakan sepuasnya.

Jika pengunjung sengaja bolak-balik meminta tisu dengan jarak kurang dari sembilan menit, secara otomatis mesin akan menolak permintaan memindai wajah. “Silakan coba kembali,” demikian bunyi ucapan dari mesin.

Diketahui, aksi pencurian tisu toilet memang semakin meresahkan, karena semakin brutal. Mereka tidak malu membawa tas besar untuk diisi dengan gulungan tisu yang disediakan gratis di toilet umum.

Shoulian Zhineng, Manajer Pemasaran, mengatakan bahwa perusahaan yang menciptakan mesin tersebut menjelaskan, teknologi ini dibuat agar para pencuri tisu toilet bertobat.

“Ini memang terasa aneh. Tapi, maraknya kasus pencurian membuat kami harus memutar otak menciptakan teknologi yang bisa memperbaiki perilaku tersebut,” ujar Lei Zhenshan.

Dikatakan, mesin pemindai telah menekan angka pemborosan tisu toilet sebanyak 70 persen di Temple of Heaven. Teknologi pemindai wajah untuk menghukum pencuri tisu toilet ini menjadi bahan perbincangan menarik di antara netizen di Beijing.

“Tidak lama lagi, mesin itu juga akan dicuri,” kata salah satu netizen di media sosial Weibo. ** Baca juga: Mau Tahu Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia 2017 Ini?

Walah segitunya…(ilj/bbs)

Berita Terbaru