oleh

Segel Kantor KPU Lebak, Pengunjuk Rasa Desak Fit and Proper Test Ulang Calon Komisioner Dibatalkan

Kabar6-Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak, di Jalan Abdi Negara, Rangkasbitung disegel massa pengunjuk rasa, Kamis (24/1/2019).

Penyegelan kantor penyelenggara Pemilu tersebut sebagai bentuk protes terhadap keputusan KPU RI yang mengkoreksi calon komisioner KPU Lebak hasil timsel yang telah mengikuti fit and proper test oleh KPU Banten.

“KPU RI dengan alasan yang tidak jelas menganulir membatalkan beberapa nama yang sudah lolos sepuluh besar, dan sangat mengherankan ada nama lain yang sebelumnya tidak lolos sepuluh besar malah masuk hasil koreksi dan ikut fit and proper test ulang,” kata Agustian dalam orasinya.

Pengunjuk rasa mendesak agar KPU RI membatalkan fit and proper test ulang terhadap sembilan calon komisioner KPU Lebak.

“Sangat tidak bisa dipahami publik maka dari itu kami mendesak agar membatalkan fit and proper test ulang tersebut dan melakukan seleksi ulang,” tegasnya.

Menurut Agustian, unsur nepotisme sangat kental di dalam proses tersebut.

“Adanya screenshot chat WhatsApp salah seorang komisioner KPU Banten (Iim-red) yang meminta agar ada tiga incumbent yang bisa lolos ke sepuluh besar,” ujarnya. Baca juga: Buntut Keputusan KPU RI, Kantor KPU Lebak Disegel.

Kabar6.com masih berupaya mendapat konfirmasi dari komisioner KPU Banten dalam screenshot chat WA tersebut.(Nda)

Berita Terbaru